5 Alasan Mengapa Planet Venus Penting Bagi Bumi

4/08/2023
Beranda
Planet
5 Alasan Mengapa Planet Venus Penting Bagi Bumi
5 Alasan Mengapa Planet Venus Penting bagi Bumi
Ilustrasi Planet Venus

SpaceNesia - Dengan teknologi saat ini, perjalanan ke Venus akan memakan waktu lebih dari 3 bulan. Meskipun merupakan salah satu planet tetangga kita, jaraknya 215 juta kilometer (133,5 juta mil) dari Bumi.

Namun, Venus sangat penting bagi Bumi karena ia berperan sebagai kisah peringatan tentang efek efek rumah kaca pada planet dan karena tanpa Venus, kehidupan di Bumi mungkin tidak ada dan planet itu bisa terlihat sangat berbeda.

Tapi bagaimana mungkin sebuah objek yang tampak berjauhan bisa memiliki efek yang sangat besar pada apa yang terjadi di sini? Pada artikel ini, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang semua alasan mengapa Venus penting bagi kita.

Baca Juga : Apakah Planet Venus Dapat Dihuni?

1. Berkat Venus kita mengetahui jarak antara Bumi dan Matahari

Setiap kali Matahari, Bulan, dan Bumi sejajar, Bulan menghalangi Matahari selama beberapa menit untuk membentuk gerhana.

Venus terkadang juga melakukannya, kecuali karena jaraknya yang lebih jauh dari Bumi, Venus terlihat terlalu kecil untuk menghalangi sebagian besar Matahari. Itu hanya muncul sebagai titik hitam kecil yang bergerak melewatinya. Itu disebut Transit Venus dan lebih jarang terjadi daripada gerhana Matahari.

Transit Venus sangat berguna bagi para astronom antara tahun 1500 dan 1800 karena memungkinkan mereka untuk mengukur jarak antara Bumi dan Matahari untuk pertama kalinya hampir persis. Dari informasi tersebut, ukuran dan jarak yang benar dari tata surya hingga Saturnus, yang merupakan planet terjauh yang dapat mereka lihat dengan teleskop pada saat itu.

Teknik yang digunakan untuk melakukan pengukuran tersebut menggunakan efek yang disebut paralaks . Ini bekerja dengan mengukur waktu yang dibutuhkan Venus untuk transit Matahari, kemudian melakukan pengukuran yang sama di lokasi yang berbeda di Bumi, dan kemudian hanya menerapkan rumus trigonometri dasar dan hukum ketiga Kepler untuk menghitung hasilnya.

Metode ini diusulkan oleh Edmond Halley (dari ketenaran komet Halley), dan meskipun ia meninggal sebelum transit Venus berikutnya pada tahun 1761, astronom lain di seluruh dunia bekerja sama untuk melakukan pengukuran yang diperlukan dan mengetahui bahwa Bumi berjarak sekitar 148 juta kilometer (92 juta mil). ) jauh dari matahari. Jarak tersebut sekarang dikenal sebagai 1 Satuan Astronomi (AU) dan digunakan sebagai standar untuk mengukur jarak yang lebih jauh. Misalnya, mereka juga dapat menghitung bahwa Bumi berjarak sekitar 8,5 Satuan Astronomi dari Saturnus, atau sekitar 1,2 miliar kilometer (740 juta mil).

2. Venus dulu seperti Bumi

Venus terkadang disebut sebagai planet kembaran Bumi. Keduanya terbentuk pada waktu yang hampir bersamaan, memiliki komposisi yang mirip dan berukuran hampir sama. Para ilmuwan percaya bahwa kedua planet ini awalnya sangat mirip dan bahwa Venus bahkan bisa memiliki lautan air di beberapa titik.

Jadi apa yang terjadi? kenapa Venus adalah planet yang panas dan beracun sekarang?

Nah, itulah alasan mengapa sangat penting bagi kita untuk mempelajari lebih lanjut tentang Venus. Kita tahu bahwa planet ini mengalami “efek rumah kaca” yang ekstrim. Itu berarti atmosfernya dipenuhi dengan begitu banyak karbon dioksida sehingga sistem planet harus menyeimbangkan suhunya rusak dan mulai memanas, menciptakan siklus yang menghasilkan lebih banyak CO2 yang memerangkap lebih banyak panas, dan seterusnya. Air di Venus telah menguap sepenuhnya dan mungkin hilang ke luar angkasa. Hasil akhirnya adalah apa yang kita ketahui sekarang, planet terpanas di tata surya dengan suhu rata-rata 464°C (867°F) dan atmosfer yang beracun dan tidak dapat dihuni.

Yang tidak kami ketahui adalah apa penyebab awal masalah tersebut. Dan itu mengkhawatirkan karena jika itu terjadi pada Venus, itu mungkin terjadi pada kita.

Para ilmuwan melihat Venus sebagai tanda peringatan tentang apa yang bisa terjadi jika kita membiarkan perubahan iklim menjadi liar di Bumi. Memahami lebih banyak tentang masa lalu Venus dapat membantu kita mencegah kepercayaan yang sama terhadap planet kita.

3. Venus adalah planet pertama yang dijelajahi oleh pesawat luar angkasa

Inilah beberapa hal sepele yang menyenangkan. Venus bukanlah planet terdekat dengan Bumi. Mars juga tidak. Karena kecepatan orbitnya, Merkurius rata-rata adalah planet terdekat dengan Bumi.

Tetap saja, Venus adalah tetangga kita dan merupakan planet yang paling mudah dilihat dengan mata telanjang. Yang harus Anda lakukan hanyalah melihat matahari terbit atau terbenam dan Anda akan sering melihatnya di dekat Matahari. Sangat mudah untuk membingungkannya dengan bintang karena sangat terang, dan untuk waktu yang lama, orang kuno mengira itu persis seperti itu. Itu sebabnya ia juga dikenal sebagai bintang pagi .

Tapi kemudian, mereka menemukan bahwa Venus memiliki gerakan yang berbeda dari bintang. Meskipun kita tidak tahu planet mana yang pertama kali ditemukan oleh peradaban kuno, kemungkinan besar itu adalah Venus. Ada catatan yang berasal dari 2.000 SM yang menunjukkan bahwa mereka melacak dan mencatat pergerakannya.

Itu bukan satu-satunya yang dimiliki Venus "pertama". Itu juga planet pertama yang kami kirimi pesawat ruang angkasa. Hanya tujuh tahun sebelum pendaratan di bulan, Mariner 2 menjadi pesawat ruang angkasa antarplanet pertama saat terbang melewati Venus pada 14 Desember 1962.

Tujuan utama dari misi tersebut adalah untuk mengukur suhu, medan magnet, debu antarplanet, dan angin matahari di planet tersebut serta menguji perangkat komunikasi jarak jauh yang akan menjadi dasar program Apollo.

Sejak itu, total 15 misi oleh berbagai badan antariksa telah dikirim ke Venus. Kebanyakan dari mereka hanya sebagai flybys atau obiters, tetapi beberapa seperti probe Venera yang dikirim oleh Uni Soviet memasuki orbit planet dan bahkan mendarat di permukaan (meskipun mereka tidak bekerja selama panas ekstrim dari planet tersebut menghancurkan mereka dengan cepat).

Saat ini ada rencana NASA untuk kembali ke Venus dan mengirim setidaknya 3 misi mulai tahun 2029.

4. Venus bisa memiliki kehidupan

Sangat tidak mungkin Venus dapat mendukung segala bentuk kehidupan cerdas atau kompleks. Kondisi planet ini terlalu keras. Itu terlalu panas dan terlalu beracun.

Namun, beberapa ilmuwan percaya bahwa bentuk kehidupan yang lebih sederhana, khususnya mikroba, dapat hidup di atmosfer.

Pada tahun 2020, para ilmuwan menemukan jejak gas yang disebut fosfin (PH 3 ) di atmosfer Venus. Fosfin di Bumi biasanya merupakan hasil dari proses biologis dan para peneliti belum dapat mengidentifikasi proses geologis atau kimia yang berbeda yang akan menghasilkan jumlah senyawa ini yang tampaknya ditemukan di Venus.

Ini membuat mereka percaya bahwa ini mungkin menjadi indikator keberadaan kehidupan mikroba. Ada area di atmosfer Venus yang lebih dingin dari permukaannya, jadi mungkin saja ada area dengan karakteristik yang tepat untuk mikroba berkembang.

Semua ini tentu saja sangat jauh dari konfirmasi. Tapi itu alasan yang bagus untuk terus mempelajari Venus.

5. Venus memiliki beberapa karakteristik yang aneh

Mempelajari lebih banyak tentang Venus penting karena akan membantu kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang banyak hal tentang asal usul planet, mekanisme alam semesta, dan bahkan asal usul kehidupan.

Venus memiliki banyak karakteristik unik yang membuatnya berbeda dari planet lain dan memahami bagaimana hal ini terjadi akan sangat berguna.

Misalnya, Venus berotasi berlawanan arah dengan sebagian besar planet lain. Itu berputar searah jarum jam sementara semua planet berputar berlawanan arah jarum jam seperti rotasi Matahari. Satu-satunya planet lain yang melakukan hal serupa adalah Uranus, tetapi Uranus berputar hampir ke samping. Teori yang paling populer adalah bahwa Venus ditabrak oleh objek berukuran planet besar lainnya di beberapa titik dan dampaknya mengubah rotasinya. Teori lain menunjukkan bahwa Venus berada di beberapa titik di lokasi yang sangat unik di mana gravitasi Matahari dan gravitasi dari planet terdekat lainnya (termasuk Bumi) "menarik" ke arah yang berlawanan dari rotasi aslinya dan membuatnya melambat hingga hampir habis. statis dan kemudian mulai berputar ke arah lain.

Hal menarik lainnya tentang Venus adalah atmosfernya berputar jauh lebih cepat daripada bagian planet lainnya. Atmosfer Venus berotasi setiap 4 hari, sedangkan planet lainnya membutuhkan 243 hari untuk menyelesaikan satu rotasi saja. Kami masih belum mengetahui penyebab pastinya, tetapi para astronom berpikir ini dapat membantu kami mempelajari planet ini dengan mengirimkan "pesawat udara" yang dapat mempelajari planet tersebut dari atas daripada harus mendarat di planet tersebut.

Baca Juga : Apakah Kita Bisa Berjalan Di Cincin Planet Saturnus?

Kesimpulan

Venus penting bagi Bumi karena berbagai alasan, termasuk:

  • Ini membantu kita memahami bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi planet
  • Ini telah berfungsi sebagai titik referensi untuk mempelajari jarak dan ukuran yang tepat dari tata surya
  • Venus berpotensi mendukung kehidupan mikroba di atmosfernya