Fungsi update rekening di BRIMO, ini penjelasanya dari Pengguna!

10/09/2023
Beranda
BRIMO
Keuangan
Fungsi update rekening di BRIMO, ini penjelasanya dari Pengguna!
Fungsi update rekening di BRIMO adalah memperbaharui data rekening yang dimiliki oleh nasabah BRI di dalam satu kepemilikan atau satu NIK di aplikasi BRIMO. Nasabah yang memiliki banyak rekening atau memiliki rekening lebih dari satu dalam satu kepemilikan dan belum terdaftar di BRIMO maka akan ditambahkan rekening rekening tersebut dengan adanya fitur update rekening ini. 

Nantinya setelah melakukan update, nasabah cukup memiliki satu akun BRIMO maka rekening rekening baru akan ditambahkan dan bisa dikontrol atau diakses dalam satu akun BRIMO tersebut.

Jenis rekening apa saja yang bisa dikontrol dalam satu akun BRIMO? Berikut jenis rekening yang bisa di update dan diakses dalam satu akun BRIMO: 

  1. Rekening simpanan
  2. Rekening pinjaman
  3. Rekening giro
  4. Rekening deposito

Update rekening pada aplikasi BRIMO bisa dilakukan ketika nasabah telah memiliki rekening seperti jenis rekening simpanan Simpedes, dan sudah melakukan aktivasi mbanking melalui aplikasi BRIMO maupun melalui CS di kantor BRI.

Ketika nasabah sudah memiliki rekening pertama dan sudah terkoneksi dengan akun BRIMO dan teraktivasi, maka nasabah tidak perlu lagi memiliki akun BRIMO lagi ketika akan membuka rekening BRI kedua, cukup nasabah lakukan adalah update rekening pada aplikasi BRIMO sesuai jenis rekeningnya pada akun BRIMO yang sudah dimiliki, atau pada akun BRIMO yang terkoneksi pada rekening pertama.

Bagimana apabila jenis rekeningnya adalah rekening pinjaman? Tentu sama saja, ketika Anda mengajukan pinjaman ke BRI dan atas nama Anda sesuai dengan yang terdaftar di rekening pertama, Anda hanya perlu melakukan update rekening pinjaman pada aplikasi BRIMO, maka rekening pinjaman Anda akan dapat diakses melalui aplikasi dalam satu akun BRIMO, Anda bisa mengontrol atau tahu kapan jatuh tempo dan berapa saldo pinjaman Anda hanya dalam satu aplikasi dan satu akun BRIMO.

Bagiamana dengan jenis rekening giro atau jenis rekening deposito? Sama saja! Nasabah hanya perlu update rekening pada aplikasi BRIMO ketika rekening rekening tersebut sudah dibuat. Ingat cukup satu akun BRIMO saja, tidak perlu buat akun BRIMO lagi, cukup gunakan akun BRIMO yang pertama maka semua jenis rekening yang dimiliki dalam satu id kepemiliakan akan bisa diakses didalam satu akun BRIMO.

Apakah semua rekening yang sudah ada di daftar rekening bisa digunakan untuk transaksi? Tentu bisa apabila sudah teraktivasi finansial, aktivasi finansial sendiri bisa dilakukan dilakukan dikantor BRI dengan bantuan CS. 

Ada beberapa kendala dialami oleh nasabah ketika setelah update termasuk penulis sendiri, setelah update rekening berhasil dan rekening muncul didaftar rekening namun rekening tersebut tidak bisa digunakan untuk transaksi dikarenakan belum diaktivasi finansial. Ini terjadi dikarenakan ada sesuatu misalkan ketidak sinkronan data, kalau yang penulis alami sendiri mungkin karena nomor yang sudah terdaftar di BRIMO tidak sesuai dengan yang didaftarkan pada rekening yang baru dibuat. Untuk hal ini nasabah tingal langsung saja datang kekantor BRI dan antri ke CS untuk melakukan aktivasi finansial.

Sampai disini nasabah yang belum paham tentunya sudah memahami apa fungsi dari update rekening di BRIMO? Fungsi update rekenig di BRIMO seperti dijelaskan diatas adalah pembaharuan data rekening pada aplikasi BRIMO dalam satu id kepemilikan atau satu KTP. Untuk cara update rekening di BRIMO bisa baca artikel sebelumnya: Cara Update Rekening BRI di BRIMO bagi yang punya banyak Rekening.

Ketika sudah update rekening maka rekening rekening yang baru dibuat akan masuk kedalam list rekening yang dimiliki, misal nasabah memiliki atau membuat 4 rekening baru maka rekening tersebut akan ditambahkan pada daftar rekening setelah melakukan update.