Tempat wisata menarik di Sukabumi yang dapat dikunjungi saat libur Idul Adha 2023

6/28/2023
Beranda
FoodTravel
FYI
Tempat wisata menarik di Sukabumi yang dapat dikunjungi saat libur Idul Adha 2023
Berikut adalah beberapa tempat wisata menarik di Sukabumi yang dapat dikunjungi saat libur Idul Adha 2023:

Kawasan Wisata Situ Gunung

Situ Gunung

Di tempat ini kamu bisa menikmati keindahan alam dan kesejukan udara. Ada banyak fasilitas yang tersedia, seperti restoran, spot foto, area bersantai, musala, toilet, dan tempat parkir yang luas.

Wisata Alam Oasis Sukabumi

Wisata Alam Oasis Sukabumi ini adalah adalah tempat wisata yang baru dibuka pada 23 April 2023. Tempat ini menawarkan sensasi baru dengan gaya ala Eropa yang unik dan menarik. Ini bisa menjadi pilihan yang bagus untuk dikunjungi saat libur Idul Adha di Sukabumi.

Wisata Alam Oasis Sukabumi terletak di Jalan Mayor Mahmud No.9 Babakan Kiara, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Ini adalah tempat yang mudah diakses dan menawarkan banyak hal menarik untuk dilihat dan dilakukan.

Wisata Alam Oasis Sukabumi memang sedang populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Lokasinya yang dekat dengan Kota Sukabumi dan mudah diakses menjadikannya pilihan yang menarik untuk dikunjungi.

Untuk masuk ke tempat ini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000. Ada juga wahana perahu yang bisa kamu coba dengan harga Rp 10.000 dan wahana waterpark dengan harga yang sama. Tempat ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu pukul 09.00-17.00, kecuali hari Jumat yang libur.

Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa menikmati bangunan-bangunan unik bergaya Eropa yang Instagramable. Selain banyak spot foto yang kece, kamu juga bisa mencicipi kuliner yang tersedia di wahana Oasis ini.

Pemandian Air Panas Cikundul

Jika kamu ingin menikmati pemandangan alam yang indah  ambal berendam di air panas, Pemandian Air Panas Cikundul bisa menjadi pilihan yang menarik. Tempat ini terletak di sebelah Sungai Cimandiri, yang juga merupakan lokasi favorit untuk melakukan Rafting. Di Cikundul, terdapat satu kolam air panas umum dan satu kolam air dingin umum, serta beberapa kamar pemandian air panas pribadi dan penginapan.

Untuk menuju ke Pemandian Air Panas Cikundul, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti petunjuk arah di Google Maps atau aplikasi navigasi lainnya untuk menuju ke lokasi. Jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bus atau angkutan kota yang menuju ke Kota Sukabumi dan turun di terminal terdekat, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau angkutan kota lainnya untuk menuju ke lokasi

Santasea Waterpark Sukabumi

Tempat wisata air ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap, seperti kolam renang untuk anak-anak, kolam pemandian air panas, kebun binatang mini untuk edukasi anak-anak, kolam arus, kolam ombak, perosotan air, taman, dan wisata kuliner. Tempat ini terletak di Jl. Lio Santa, Kelurahan Gedong Panjang, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi.

Taman Selabintana Sukabumi

Taman ini menawarkan hamparan rumput hijau yang bisa membuat perasaan kamu lebih tenang. Kamu bisa tiduran sambil menikmati birunya langit atau menikmati pemandangan kebun teh yang indah di ujung area taman ini.

Bukit Durian Sagara 

adalah tempat wisata di Sukabumi yang menawarkan pemandangan perbukitan dan lautan. 
Tempat ini awalnya hanya berfokus pada bisnis perkebunan durian seluas 13 hektare pada tahun 2012. Namun, setelah berkembang, dibuatlah tempat wisata dengan konsep alami yang menyatu dengan alam pada 13 November 2021.

Bukit Durian Sagara terletak di Kampung Sumur Bandung, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Ini adalah tempat wisata yang menawarkan pemandangan indah perbukitan dan lautan serta menawarkan pengalaman menikmati durian langsung dari kebunnya.

Saat berkunjung ke Bukit Durian Sagara, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai, lautan, perbukitan, sunset, dan bahkan suasana malam di kawasan Palabuhanratu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan berbagai macam jenis bunga yang dirawat dengan baik oleh pengelola.

Bukit Durian Sagara menawarkan pengalaman berlibur yang menyenangkan dan menarik bagi para wisatawan. Dengan pemandangan alam yang indah dan durian segar langsung dari kebunnya, tempat ini pasti akan memberikan kenangan yang tak terlupakan.

Sesuai dengan namanya, Bukit Durian Sagara adalah tempat wisata yang menawarkan pengalaman menikmati durian segar langsung dari kebunnya. Terdapat sekitar 1.500 pohon durian di tempat ini dengan berbagai varietas yang bisa kamu coba. Bagi para penggemar buah durian, tempat ini pasti akan menjadi surga bagi kamu.

Jadi, jika kamu ingin menikmati durian segar sambil menikmati pemandangan alam yang indah, Bukit Durian Sagara adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi saat libur Idul Adha di Sukabumi

Rafting di Sungai Citarik

Jika kamu menyukai tantangan dan ingin memacu adrenalin, Rafting di Sungai Citarik bisa menjadi pilihan yang menarik. Sungai ini menawarkan wisata air yang cukup menantang dengan panorama alam yang eksotis. Ada berbagai pilihan jarak tempuh Rafting yang bisa kamu pilih, yaitu 5 km, 9 km, dan 12 km dengan harga yang cukup ekonomis. Karakter sungai Citarik sangat cocok untuk keluarga atau pemula karena jeramnya tidak terlalu deras.

Museum Tionghoa

Museum ini memajang banyak benda sejarah terkait keberadaan warga Tionghoa di Sukabumi. Ada banyak hal yang bisa dilihat di sini, mulai dari kendaraan, alat rumah tangga, alat hiburan hingga ragam mata uang atau alat transaksi ekonomi.
Selain itu, Sukabumi juga memiliki banyak tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi, seperti:

Pantai Karang Hawu

Pantai ini terkenal dengan batu karangnya yang besar dan ombak yang menghempas karang. Fasilitas di Pantai Karang Hawu cukup lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, warung makan, hingga toko cinderamata.

Pantai Citepus

Pantai ini terletak di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu dan memiliki pasir putih yang landai. Namun, perlu berhati-hati saat bermain air laut di Pantai Citepus karena ombaknya cukup besar.

Kuil Dewi Kwan Im

Kuil ini terletak di perbukitan dan menghadap ke laut. Untuk sampai ke puncak paling atas bangunan kuil, pengunjung harus mendaki sekitar 500 anak tangga yang diapit sepasang ornamen naga khas Thailand yang berkepala tujuh. Setelah sampai di atas, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan laut biru yang indah.

Pantai Palangpang

Pantai Palangpang juga jangan sampai ketinggalan, kalau sudah dari Kuil Dewi Kwan Im dan mau arah Cikaso atau Ujung Genteng akan melewati beberapa tempat yang tidak boleh terlewatkan dengan pemandangan pemandangan laut dan pantai dari ketinggian, termasuk Pantai Palangpang.

Curug Cikaso

Curug ini masuk dalam daftar salah satu destinasi alam terbaik versi Smiling West Java. Curug ini terbentuk dari tiga titik air terjun yang saling berdampingan dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan lebar tebing 100 meter. Di bawah curug terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan yang indah.

Pantai Ujung Genteng

Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya dan cocok untuk dikunjungi saat libur Idul Adha. Ada juga penangkaran penyu, berbagai macam kuliner, dan tentunya sunset yang indah.

Itulah beberapa tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi saat libur Idul Adha. Kalau di urutkan dari kota Sukabumi, maka urutannya seperti diatas mulai dari Situ Gunung sampai pantau Ujung Genteng, nantinya kalau sudah sampai di Ujung Genteng Anda bisa langsung balik kearah Jakarta bisa melewati jalur Loji maupun bisa langsung melewati jalur utama Pelabuhanratu atau langsung arah kota Sukabumi.