Cara tukar poin Alfagift via aplikasi saat belanja

6/25/2023
Beranda
Aplikasi
Keuangan
Tips
Cara tukar poin Alfagift via aplikasi saat belanja
Cara tukar poin alfagift
Aplikasi Alfagift

Aplikasi Ponta, yang sebelumnya digunakan untuk menukarkan poin di Alfamart dan Alfamidi, sudah tidak dapat digunakan lagi karena dihentikan sejak 1 Juni 2022, seperti yang dijelaskan di halaman ponta.co.id.

Sekarang untuk menukarkan poin Alfagift, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi Alfagift dengan cara menukarkan poin terlebih dahulu dengan voucher Alfagift atau menggunakan poin Alfagift saat pembayaran belanja melalui aplikasi Alfagift. Bagi yang masih memiliki poin dan kartu Ponta, tetap bisa digunakan atau ditukar pada aplikasi Alfagift dan Midi Kring untuk Alfamidi. 

Perlu diperhatikan juga, secara sistem poin bisa ditukarkan diaplikasi Alfagift pada saat belanja online dengan metode pembayaran yang sesuai S&K, umumnya voucher hanya bisa ditukarkan dengan metode pembayaran langsung tunai bukan COD, ketika mendapati voucher tidak bisa digunakan walaupun sudah memenuhi syarat maka coba ganti metode pembayarannya.

Karena penukaran poin Alfagift tidak bisa lagi dilakukan melalui aplikasi Ponta, maka penukaran hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Alfagift atau Midi Kring, untuk Alfagift bisa dengan dua cara berikut:

Cara tukar poin Alfagift

Anda dapat menggunakan poin saat membayar belanja di aplikasi Alfagift dengan cara sebagai berikut:
  • Checkout belanjaan terlebih dahulu.
  • Lihat kembali rincian barang yang dibeli.
  • Pilih metode pembayaran.
  • Sebelum memilih metode pembayaran, klik gunakan semua poin atau masukan poin yang akan digunakan.
  • Setelah poin digunakan, klik metode pembayaran yang diinginkan.
  • Klik Bayar dan cek apakah poin sudah terpakai pada rincian pembayaran.
  • Lakukan pembayaran.
Anda juga dapat menukar poin dengan voucher melalui aplikasi Alfagift dengan cara sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Alfagift.
  • Klik pada Voucher di pojok kiri atas dibawah A-Poin.
  • Klik klaim Voucher.
  • Pilih voucher yang masih tersedia sesuai jumlah poin yang dimiliki.
  • Baca syarat dan ketentuan penukaran dan penggunaan voucher, kemudian klik klaim.
Namun, perlu diperhatikan bahwa penukaran poin di aplikasi Alfagift hanya bisa ditukar dengan voucher dari toko atau merchant yang sudah bekerjasama termasuk di Alfamart itu sendiri, namun voucher Alfamart sendiri jarang tersedia karena sudah habis di klaim.

Syarat dan Ketentuan Penukaran Poin Alfagift

Penukaran poin pada aplikasi Alfagift tentu saja memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Syarat dan ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Setiap poin Alfagift memiliki masa kadaluarsa, jadi pastikan untuk menukarkan poin sebelum masa kadaluarsa berakhir. Nilai poin yang dapat ditukarkan dengan voucher yang tersedia pada aplikasi Alfagift sama dengan nilai poin yang tertera pada voucher yang dipilih. Jika jumlah poin kurang dari yang tertera pada voucher, maka penukaran tidak dapat dilakukan. Silakan pilih voucher lain yang tersedia dengan jumlah poin kurang dari jumlah poin yang dimiliki pada akun Alfagift.

Perbandingan dengan Aplikasi Ponta

Penukaran poin Alfagift memang lebih lengkap pada aplikasi Ponta terdahulu, di mana bisa ditukarkan dengan pulsa HP atau pulsa listrik. Namun sayangnya, Ponta sudah dihentikan sehingga aplikasinya tidak bisa lagi digunakan. Penukaran poin di Alfagift menurut saya mudah, cukup dengan mengklaim voucher dan memasukkan kode voucher saat berbelanja di toko atau merchant yang sudah bekerja sama sesuai dengan pilihan voucher. Jika di Ponta bisa menukarkan dengan pulsa HP, ini menjadi pilihan yang tepat karena pulsa HP tersedia dengan nominal kecil yang tentunya jumlah poinnya juga lebih kecil. Berbeda dengan di Alfagift, pilihan voucher rata-rata dengan nominal besar yang tentunya membutuhkan jumlah poin yang banyak juga. Ketika poin belum cukup untuk menukar voucher yang dipilih, konsumen harus menunggu hingga poin terkumpul dan mencukupi. Kendalanya adalah, poin memiliki masa kadaluarsa sehingga ketika poin sudah mencukupi namun masa kadaluarsanya sudah lewat, maka poin tersebut akan hangus.

Ini untuk yang suka belanja di Alfamart males nerima receh kembalian, recehnya simpan saja di aplikasi Virgo, recehan aman sampai terkumpul bisa buat belanja lagi di aplikasi Alfagift.

Terimkasih sudah berkunjung, ada hal yang ingin ditanyakan terkait artikel ini silahkan tinggalkan komentar atau langsung kontak saya, terimakasih.