Perlengkapan yang Diperlukan dalam menjalani Bisnis BRILink

9/23/2023
Beranda
Agen BRILink
Bisnis
BRIMO
Keuangan
Perlengkapan yang Diperlukan dalam menjalani Bisnis BRILink


Apa saja perlengkapan yang diperlukan oleh calon Agen BRILink?

Selain memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Bank BRI saat mendaftar, calon Agen BRILink juga sebaiknya menyiapkan beberapa peralatan tambahan yang akan mendukung kegiatan transaksi.

Perlengkapan tambahan ini sebenarnya tidak diharuskan oleh Bank BRI, tetapi menurut pendapat saya, perlengkapan ini akan sangat berguna bagi Agen BRILink selain mesin EDC konvensional atau EDC android yang sudah pasti disediakan oleh Bank. 

Berikut adalah beberapa peralatan yang saya sarankan untuk dimiliki oleh Agen BRILink:

Hp. Android

Ini WAJIB bagi Agen BRILink mobile aplikasi.

Dengan HP android, selain untuk transaksi BRILink mobile kita bisa melakukan transaksi melalui M-Banking. Selain itu, kita juga bisa menggunakan HP untuk cek mutasi rekening dan transaksi menggunakan aplikasi BRIMO.

Printer bluetooth + Kertas thermal

Ini juga WAJIB bagi Agen BRILink mobile aplikasi.

Printer bluetooth + Kertas thermal ini harus ada bagi Agen BRILink yang masih menggunakan aplikasi BRILink Mobile untuk mencetak struk sebagai bukti transaksi.

Perlengkapan atau alat tambahan Agen BRILink di atas saya anjurkan untuk dimiliki, mengapa? Karena perlengkapan atau alat tamabahan di atas tentu sangat dibutuhkan untuk memperlancar transaksi Agen.

Jaringan Internet

Ini juga WAJIB bagi Agen BRILink mobile aplikasi.

Menyediakan jaringan internet harus dilakukan oleh Agen BRILink mobile yang masih menggunakan Aplikasi BRILink Mobile dalam bertransaksinya. Berbeda dengan Agen yang sudah menggunakan mesin EDC konvensional atau EDC Android, internet sudah disediakan oleh BRILink kecuali EDC Android yang menggunakan Wifi itu disediakan oleh Agen. Internet juga sangat bermanfaat untuk keperluan lainnya yang memerlukan koneksi internet, misalnya ketika ada masalah, Agen bisa mencari informasi melalui media sosial atau melalui grup PAB masing-masing.

Lainnya:

  • Mobile banking
  • Komputer
  • Printer + kertas
  • Mesin penghitung uang
  • Mesin pendeteksi uang palsu, jika mesin penghitung tidak memiliki fitur ini.

Internet Banking

Seperti disebutkan di atas, Internet Banking atau mobile banking bisa menjadi solusi jika EDC bermasalah atau akses laporan transaksi dengan mencetak rekening koran. 

Untuk mendaftar jadi Agen BRILink silakan kunjungi cara daftar menjadi Agen BRILink.

Seperangkat Komputer

Seperangkat komputer akan sangat membantu ketika Agen memiliki SDM untuk membuka bisnis lainnya seperti: Cetak foto, jasa pengetikan, jasa print out dokumen dan masih banyak lagi yang lainnya sebagai bisnis yang bisa dijalankan bersama BRILink. Selain itu dengan adanya Komputer kita juga bisa membuat Laporan harian, buat desain spanduk sendiri untuk promosi atau yang lainnya yang bisa dilakukan dengan Sistem Komputer.

Printer + kertas

Dengan memiliki printer dan menyiapkan kertas, kita bisa mencetak laporan transaksi yang kita buat ataupun bisa juga untuk cetak laporan transaksi melaui MyBRILink.

Untuk peralatan Agen BRILink lainnya, bisa disesuaikan dengan kebutuhan di Agen BRILink masing-masing dalam melayani nasabah yang bertransaksi.

Itulah beberapa perlengkapan Agen BRILink yang saya sarankan. Beberapa perlengkapan Agen BRILink yang disebutkan di atas mungkin tidak wajib ada, tetapi sangat bermanfaat untuk memperlancar transaksi agen dan juga bisa membuka bisnis atau jasa lainnya terkait adanya komputer.

Peralatan yang disebutkan di atas tentunya tidak wajib ada, kecuali yang disyaratkan oleh bank BRI. Peralatan lainnya adalah pendukung, dimana peralatan tersebut seperti komputer dan printer bisa digunakan untuk menambah penghasilan dengan membuka usaha cetak foto atau yang lainnya.

Agen BRILink pada awalnya ditujukan untuk para pengusaha, seperti toko kelontong dan usaha lainnya seperti fotokopi dan percetakan yang memiliki tempat usaha yang menetap. Memiliki tempat usaha menjadi salah satu syarat dari persyaratan lainnya. Namun sekarang mungkin bukan menjadi syarat lagi, di lapangan banyak sekali seorang Agen BRILink bukan pengusaha seperti contoh yang disebutkan. Banyak Agen BRILink yang hanya menjadi seorang Agen BRILink saja tanpa punya usaha induknya.

Beberapa informasi tambahan tentang Agen BRILink bisa ditemukan dari hasil pencarian web:

Agen BRILink adalah program keagenan dari bank BRI yang memungkinkan nasabah untuk berpartisipasi dalam melayani transaksi perbankan bagi masyarakat. Dengan menjadi Agen BRILink, masyarakat tidak harus datang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan tertentu, seperti transfer, setor tunai, tarik tunai, dan pembayaran tagihan. Arikel bisa dicek Cara Daftar, Modal, Syarat dan Keuntungannya (lifepal.co.id).

Menjadi Agen BRILink juga dapat memberikan manfaat bagi nasabah yang menjadi agen, seperti menambah sumber pendapatan, meningkatkan citra karena di-branding oleh Bank BRI, menambah segmen pelanggan, dan berpotensi untuk cross-selling usaha mereka. Cek artikel bri.co.id.

Untuk menjadi Agen BRILink, nasabah harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan oleh bank BRI dan mengikuti prosedur pendaftaran yang telah ditetapkan. Cek artikelnya Ingin Jadi Agen BRILink? Berikut Syarat dan Cara Daftarnya (detik.com).

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!