Sertifikat Haji Online 2023, Cara Mendapatkan dan Manfaatnya

7/14/2023
Beranda
Aplikasi
FYI
Sertifikat Haji Online 2023, Cara Mendapatkan dan Manfaatnya
Kementerian Haji & Umrah

Sekarang, jemaah haji tahun 2023 tidak perlu lagi repot-repot mencetak sertifikat haji sebagai bukti telah melaksanakan rukun Islam kelima. Kabar baiknya, sertifikat haji 2023 kini bisa diunduh secara online melalui ponsel Android dan iOS. 

Cara mendapatkannya cukup mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi saat ini dengan mendownload sertifikat haji online melalui aplikasi Nusuk. Aplikasi ini merupakan aplikasi Eatmarna yang dikembangkan oleh Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. Sertifikat haji online yang didownload melalui aplikasi ini sudah resmi dan sah. Berdasarkan laman Siasat, Rabu (12/7/2023), Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan sertifikat haji online Anda.
Untuk mendapatkan sertifikat haji online, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, download aplikasi Nusuk di Google Play Store atau Apple App Store. Kemudian, pilih opsi "Lihat Kartu" di halaman depan aplikasi. Setelah itu, ketuk opsi "untuk mengeluarkan sertifikat penyelesaian haji" atau "mengeluarkan sertifikat penyelesaian haji". Anda juga bisa memilih desain sertifikat sesuai selera sebelum melanjutkan. Terakhir, klik "Terbitkan Sertifikat" atau "Terbitkan Sertifikat".

Dengan menggunakan sertifikat haji online, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan sertifikat haji Anda yang sangat berharga. Keuntungan lainnya, Anda dapat dengan mudah menunjukkan sertifikat haji online Anda kepada keluarga, teman, dan kerabat.
 Namun, pastikan Anda sudah mendaftar terlebih dahulu ke aplikasi Nusuk di ponsel Android atau iOS Anda.

Untuk mendaftar di aplikasi Nusuk di ponsel Android dan iOS, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, download aplikasi Nusuk melalui Play Store atau App Store dan pasang ke perangkat Anda. Setelah selesai, buka aplikasinya dan klik "Login" kemudian "New User". Jika Anda sudah mendaftar, Anda bisa langsung ketuk "Login", namun jika belum punya akun, klik "New User".

Selanjutnya, isi data informasi yang diminta, mulai dari nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email, dan password akun Nusuk. Setelah semua data terisi, beri tanda centang pada semua atribut di bawahnya dan klik tombol jamaah pendamping membutuhkanan khusus (Special Assistance). Kemudian, lanjutkan dengan klik "Daftar" dan tunggu sampai sistem mengirimkan empat nomor pin ke email terdaftar sebagai aktivasi.

Saat masuk ke aplikasi, sistem akan kembali mengirim kode verifikasi lewat email. Ini akan menjadi tanda bahwa jemaah haji resmi terdaftar di aplikasi Nusuk. Musim haji tahun ini merupakan haji pertama dengan kuota penuh setelah pandemi Covid-19. Indonesia mengirimkan jumlah calon jemaah haji kategori lanjut usia (lansia) tahun ini meningkat hampir dua kali lipat dibanding 2019.
Menurut Kementerian Agama (Kemenag), total jemaah calon haji yang akan diberangkatkan tahun ini berjumlah 221.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 66.943 di antaranya merupakan calon jemaah kategori lansia.

Kabid Lansia dan Disabilitas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2023, Slamet, mengungkapkan bahwa jemaah haji yang diprioritaskan dengan kategori lansia adalah yang berusia 65 tahun ke atas. Meskipun definisi lansia menurut WHO adalah orang yang berusia 60 tahun ke atas. "Definisi lansia itu adalah 60 tahun, tapi kita utamakan yang 65 tahun ke atas, tahun ini ada 66.900. Kalau yang 60 tahun (sesuai definisi WHO), maka akan ada angka 93.000 jemaah lansia, sehingga ini jumlah yang cukup besar," kata Slamet saat Bimbingan Teknis PPIH di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Senin 10 April 2023.

Berikut lengkapnya cara mendapatkan sertifikat haji online 2023:

Cara Mendapatkan Sertifikat Haji Online

  • Download aplikasi Nusuk di Google Play Store atau Apple App Store
  • Pilih opsi "Lihat Kartu" di halaman depan aplikasi
  • Ketuk opsi "untuk mengeluarkan sertifikat penyelesaian haji" atau "mengeluarkan sertifikat penyelesaian haji"
  • Pilih desain sertifikat sesuai selera
  • Klik "Terbitkan Sertifikat" atau "Terbitkan Sertifikat"

Manfaat Sertifikat Haji Online

Tidak perlu khawatir kehilangan sertifikat haji yang berharga
Dapat dengan mudah menunjukkan sertifikat haji online kepada keluarga, teman, dan kerabat
Sudah resmi dan sah dari Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi

Cara Mendaftar di Aplikasi Nusuk

  • Download aplikasi Nusuk melalui Play Store atau App Store dan pasang ke perangkat Anda
  • Buka aplikasinya dan klik "Login" kemudian "New User"
  • Mohon berikan atau isi informasi yang diperlukan, termasuk nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, alamat email, dan kata sandi untuk akun Nusuk.Beri tanda centang pada semua atribut di bawahnya dan klik tombol jemaah pendamping membutuhkanan khusus (Special Assistance)
  • Klik "Daftar" dan tunggu sampai sistem mengirimkan empat nomor pin ke email terdaftar sebagai aktivasi
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirim lewat email
Download