Dampak Laptop Terhadap Kesehatan Tubuh, Kurangi Risiko Sebelum Terlambat

8/25/2023
Beranda
Gaya Hidup
Kesehatan
Dampak Laptop Terhadap Kesehatan Tubuh, Kurangi Risiko Sebelum Terlambat


Di era modern ini, penggunaan laptop telah menjadi kebutuhan yang tak kalah pentingnya. Kehidupan manusia kini tak bisa terpisahkan dari perangkat laptop. Laptop diciptakan dengan tujuan utama mempermudah berbagai kegiatan manusia, terutama dalam hal menulis. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila banyak mahasiswa yang kini memiliki laptop pribadi. Meskipun demikian, ternyata masih banyak di antara para mahasiswa yang kurang memperhatikan dampak kesehatan saat menggunakan laptop.

Kesehatan tubuh dapat tergerus seiring dengan kebiasaan berlama-lama di depan laptop. Duduk di depan laptop akan mengurangi aktivitas fisik, yang berakibat pada berkurangnya pembakaran kalori oleh tubuh. Akibatnya, kalori yang seharusnya terbakar akan tertimbun dalam bentuk lemak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menghabiskan waktu terlalu lama di depan laptop.

Menghabiskan waktu yang terlalu lama di depan laptop dapat mengakibatkan terpaparnya radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh perangkat tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kelelahan pada mata. Tidak hanya kelelahan mata yang mungkin timbul, tetapi terkadang juga mungkin muncul gejala seperti sakit kepala, pusing, ketidaknyamanan pada leher atau pinggang, serta rasa pegal di beberapa bagian tubuh. Semua dampak tersebut dapat terjadi karena kurangnya pengaturan pola penggunaan laptop yang tepat.

Namun, ketika aktivitas Anda mengharuskan Anda untuk duduk di depan laptop dalam jangka waktu yang lama, tidak perlu khawatir mengenai keluhan-keluhan tersebut di atas. Anda mampu mengatasi hal ini dengan menjaga pola hidup yang sehat dan selalu memperhatikan konsumsi cairan tubuh. Penting untuk dihindari bahwa ketika berada di depan laptop, Anda tidak mengalami dehidrasi, mengingat bahwa kekurangan asupan cairan bisa berujung pada gejala seperti pusing dan sakit kepala.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Menggunakan Laptop

Bagi mahasiswa, penulis, atau siapa pun yang kerap menghadapi penggunaan laptop dalam rutinitasnya, menjaga kesehatan mata menjadi hal yang mutlak diperlukan. Oleh karena itu, saya akan mengulas sedikit mengenai aspek ini, sehingga Anda tetap bisa meraih kesehatan optimal meskipun seringkali terlibat dalam sesi panjang di depan layar laptop. Mari simak agar Anda tetap menjaga kesehatan dalam situasi di mana interaksi yang intens dengan laptop tak terhindarkan, karena dampaknya terhadap kesehatan tubuh bisa sangat besar meskipun tidak selalu disadari.

Langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan mengatur kecerahan layar monitor. Sesuaikan kecerahan laptop Anda sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar. Jika berada dalam lingkungan yang redup, hindari pengaturan cahaya terlalu terang; begitu pula sebaliknya, saat berada dalam lingkungan yang terang. Sejalan dengan ini, penting juga untuk tidak mengatur kecerahan terlalu rendah. Disamping itu, upayakan posisi duduk yang nyaman, sesuai dengan preferensi pribadi.

Pemasangan pelindung layar (screen protector) dapat mengurangi dampak radiasi yang dipancarkan dari layar monitor, mengurangi dampak langsung pada mata Anda. Pelindung layar juga dapat meredakan kelelahan mata yang mungkin timbul saat melihat layar dalam jangka waktu lama. Ini memberi Anda keleluasaan untuk menjaga fokus dalam interaksi layar dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Selanjutnya, penting untuk menyesuaikan posisi duduk agar nyaman dan ergonomis. Jarak antara Anda dan layar laptop juga penting untuk diperhatikan, dengan jarak ideal sekitar 50-100 cm. Hindari menempatkan layar monitor terlalu dekat dengan wajah, karena jarak yang terlalu pendek dapat menyebabkan kelelahan mata dan bahkan pusing.

Ketika Anda merasakan kelelahan, jangan ragu untuk beristirahat. Jangan memaksakan diri untuk terus memandangi layar monitor. Luangkan waktu istirahat, dan pastikan Anda berkedip setidaknya 18 kali dalam satu menit. Disarankan juga untuk beristirahat selama 5 menit setelah satu jam interaksi dengan layar monitor. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kelelahan mata atau potensi iritasi.

Mengalihkan Fokus Pandangan Saat Menggunakan Laptop

  • Saat Anda menggunakan laptop, penting untuk secara rutin mengalihkan fokus pandangan. Jangan hanya terpaku pada layar secara terus-menerus. Setidaknya, luangkan waktu satu menit untuk melihat hal lain, seperti pemandangan pohon-pohon hijau. Ini diperlukan untuk menghindari kelelahan mata akibat melihat layar dalam waktu yang berkepanjangan.
  • Selain itu, konsumsilah buah dan sayur-sayuran demi menjaga kesehatan mata. Selain menjaga posisi duduk dan pandangan pada layar, Anda sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, seperti buah dan sayur. Dengan melakukan langkah ini, Anda dapat menjaga kesehatan mata Anda dengan lebih baik.
  • Tak jarang orang merasa mata mereka baik-baik saja meskipun telah lama duduk di depan layar monitor. Namun, hal ini tidak menjamin kesehatan mata Anda. Untuk alasan ini, sangatlah penting untuk menjadwalkan pemeriksaan mata oleh seorang dokter setidaknya setiap 6 bulan sekali. Dengan melakukannya, gangguan mata dapat segera terdeteksi dan ditangani dengan cepat.

Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berinteraksi dengan layar laptop atau komputer. Berhati-hatilah dan jaga kesehatan mata Anda. Mengabaikan kesehatan mata dapat berakibat pada masalah penglihatan yang lebih serius. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata saat menggunakan laptop adalah suatu keharusan.