Cara meminta angpao dalam bahasa Cina

9/14/2023
Beranda
Gaya Hidup
Inspirasi
Cara meminta angpao dalam bahasa Cina

Photo from Pexels

Angpao merupakan salah satu hal yang paling dinantikan dalam setiap perayaan Imlek. Biasanya, saat Tahun Baru Imlek tiba, para anak selalu menunggu-nunggu untuk mendapatkan angpao dari orang tua mereka atau anggota keluarga terdekat. Nah, bagaimana sebenarnya cara meminta angpao dalam bahasa Cina?

Sebelum kita membahas bagaimana cara meminta angpao dalam bahasa Cina, ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang tradisi angpao Imlek yang penting ini!

Istilah "angpao" adalah bentuk tidak resmi dari kata "angpau" dalam bahasa Indonesia. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), angpao diartikan sebagai uang yang diberikan kepada anak-anak kecil atau orang yang belum menikah, biasanya disampaikan dengan membungkusnya dalam kertas berwarna merah, dengan harapan agar penerima angpao akan meraih keberuntungan dan kesuksesan sepanjang tahun baru.

Tradisi meminta dan memberikan angpao pada perayaan Imlek dikenal dengan nama hong bao atau lai se. "Hong bao" berasal dari bahasa Mandarin, sementara "lai se" berasal dari bahasa Kanton. Kedua istilah ini memiliki makna harfiah yang sama, yaitu "bungkus merah." Karena alasan ini, angpao umumnya selalu diberikan dalam amplop berwarna merah. Warna merah dipilih karena dianggap sebagai simbol energi, kebahagiaan, dan keberuntungan. Selain memiliki makna filosofis, terdapat juga fakta menarik lainnya mengenai angpao Imlek.

Setelah mengetahui nama tradisi meminta dan memberikan angpao dalam perayaan Imlek, mari kita bahas bagaimana cara meminta angpao dalam bahasa Cina. Pada perayaan Imlek berikutnya, kamu bisa menggunakan frasa berikut saat meminta angpao kepada keluarga dan kerabatmu. Yuk, cek!

1. Hóng bāo ná lái (红 包  拿 来)

Cara meminta angpao dalam bahasa Cina yang pertama adalah dengan mengatakan "Hóng bāo ná lái ! (红 包  拿 来)." Frasa ini kurang lebih berarti "berikan saya amplop merah."

Nah, karena meminta dan memberi angpao merupakan tradisi yang dilakukan saat perayaan Imlek, sebaiknya kamu mengucapkan kalimat "Gōng xǐ fā cái! Hóng bāo ná lái! (恭 喜 发 财 ! 红 包  拿 来)" saat meminta angpao dalam bahasa Cina.

Jadi, sebelum meminta angpao, pastikan kamu juga mengucapkan "Gōng xǐ fā cái" terlebih dahulu ya!

2. Qǐng gěi wǒ hóng bāo! (请 给 我 红 包 !)

Ketika kamu ingin meminta angpao dalam bahasa Cina, kamu juga bisa menggunakan kalimat "Qǐng gěi wǒ hóng bāo! (请 给 我 红 包 !)." Kalimat ini berarti "Tolong berikan saya amplop merah."

Itulah tradisi angpao Imlek dan frasa-frasa yang dapat digunakan saat meminta angpao dalam bahasa Cina. Ingatlah, setelah menerima angpao dari seseorang, selalu ucapkan terima kasih atau "Xiè xiè (谢 谢)." Dan jangan lupa untuk tidak membuka amplop di depan pemberi, karena tindakan tersebut dianggap kurang sopan.

Ingatlah" Untuk selalu menjaga etika, seperti tidak membuka angpao di depan pemberi karena ini dianggap tidak sopan dalam tradisi. Adapun tradisi angpao Imlek adalah memberikan uang kepada anak-anak kecil atau mereka yang belum menikah, dan biasanya uang tersebut dibungkus dengan amplop berwarna merah. Ini dilakukan dengan harapan agar penerima mendapatkan keberuntungan dan kebahagiaan sepanjang tahun baru. Warna merah dipilih karena memiliki makna sebagai simbol energi, kebahagiaan, dan keberuntungan dalam budaya Tionghoa.