Potongan ATM BRI per bulan 2023 awal September

9/23/2023
Beranda
Agen BRILink
Keuangan
Potongan ATM BRI per bulan 2023 awal September

Potongan ATM BRI per bulan 2023 akhir


Potongan biaya ATM BRI per bulan 2023 akhir ini memang ada kenaikan dari awal tahun kemarin. Dimana biaya kartu ATM naik menjadi 8500 dan untuk admin tabungan sebesar 5500, apabila ditotal potongan admin bank termasuk potongan ATM BRI per bulan adalah 8500+5500=14000. 

Total potongan ATM BRI perbulan ini untuk jenis tabungan Simpedes, mungkin akan berebeda untuk jenis tabungan lain seperti BRITAMA Bisnis dan yang lainnya. Namun jenis tabungan Simpedes ini yang umum digunakan untuk nasabah BRI dipedesaan.

Kemudian disisi lain dari nasabah ada yang mengatakan bahwa biaya potongan bank perbulan itu lebih besar atau lebih dari 14000 seperti disebutkan diatas. Apabila jenis tabungannya sama tabungan Simpedes itu perlu dicek, bisa dengan cara mencetak rekening koran atau paling mudah cek mutasi rekening di BRIMO, dengan melihat mutasi rekening maka nasabh bisa melihat pemasukan dan pengeluaran secara detil, bisa juga melihat mana biaya potongan ATM BRI dan mana potongan admin fee bank, disitu akan tertera keterangannya, dan apabila ada yang tidak jelas maka tinggal tanyakan saja ke orang bank, dan atau untuk kode transaksi pada rekening BRI bisa dicek melalui chat banking via WhatsApp lebih mudah tanpa perlu ke bank.

Dari sekian nasabah ada beberapa yang mengatakan atau bertanya kepada saya sebagai agen BRILink, berapa potongan bank tiap bulannya, ko saldo saya selalu berkurang? Saya bilang ya seperti diatas 14000an perbulan untuk Simpedes. Tapi punya saya lebih dari segitu? Nah ini perlu cek dulu kemana uang tersebut masuknya? Cara mengeceknya yaitu tadi dengan cetak rekening koran dan atu melalui BRIMO.

Perlu diketahui, ketika nasabah sering melakukan transaksi maka transaksi tersebut ada yang kena biaya dan ada juga yang tidak. Misalkan nasabah tarik tunai di channel BRI seperti Agen BRILink maka akan kena biaya 3000 untuk penarikan pertransaksinya, bisa dihitung dong apabila 10 kali transaksi sudah berapa biayanya.

Apalagi nasabah transaksinya misalkan transfer antar bank, transfer antar bank itu lebih besar biayanya dari 6500 sampai 10000. Di Agen BRILink sekarang biaya transfer antar bak itu kena biaya 10000 debet otomtais dari rekening pengirim.

Dari sini bisa diketahui bahwa pengurangan saldo pada rekening itu adalah biaya admin transaksi yang telah dilakukan. Sebagai contoh yaitu tadi transaksi tarik tunai di agen BRILink atau transfer antar bank yang membutuhkan biaya.

Saran saya sendiri, bagi nasabah yang merasa tidak melakukan transaksi namun saldo selalu berkurang signifikan baiknya cek ke BRI untuk mamastikan keamanan uang anda. Jangan hanya berbicara atau mengeluh stiap bulan uang berkurang tanpa melakukan pengecekan lebih detil. Bisa saja saldo berkurang karena anda punya kredit ke BRI, atau bisa juga anda memiliki tagihan dengan sistem pembayaran autodebet. Paling dikawatirkan adalah terjadi transaksi diluar kuasa nasabah atau ketidak sengajaan bahwa nasabah telah melakukan transaksi yang tidak disadari dan tidak dikehendaki, apabila ada transaksi yang mencurigakan segera laporkan ke pihak BRI dan apabila diperlukan blokir nomor rekening terlebih dahulu sampai aliran uang bisa diketahui.

Potongan biaya admin fee dan biaya kartu ATM bersifat tetap pada setiap bulannya, apabila ada perubahan mungkin tidak akan berubah ubah setiap bulan, pastinya akan sesuai ketentuannya. Pendebetannya pun akan pada tanggal yang sama, baik itu biaya admin fee bank dan admin kartu ATM, namun secara terpisah seperti dicontohkan diatas adalah potongan biaya bank jenis tabungan Simpedes yaitu admin fee 5500 dan biaya kartu ATM adalah 8500, saya kira biaya biaya bulanan yang didebet bank hanya itu untuk jenis tabungan Simpedes.

Kemudian untuk lain lainnya adalah biaya biaya transaksi yang dilakukan nasabah, misal transfer ke bank lain, transfer kesesama namun melalui channel BRI semisal BRILink, tarik tunai di channel BRI selain mesin ATM BRI atau bank lain, bayar maupun pembelian itu juga memerlukan biaya yang sudah ditentukan, dan satu lagi biaya SMS notifikasi ini juga membutuhkan biaya dan biayanya autodebet rekening.