7 Tips Jitu Memilih Bank Digital di Indonesia yang Akan Membuat Hidup Finansial Anda Lebih Mudah

11/25/2023
Beranda
Keuangan
Tips
7 Tips Jitu Memilih Bank Digital di Indonesia yang Akan Membuat Hidup Finansial Anda Lebih Mudah


Ada beberapa tips untuk memilih bank digital di Indonesia agar dapat meminimalisir masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

Pertama, periksa kebijakan dan persyaratan pembukaan rekening dari setiap bank digital. Informasinya dapat ditemukan di halaman resmi masing-masing bank sebelum Anda membuka rekening.

Kedua, bank digital menawarkan kemudahan yang tidak dimiliki oleh bank konvensional. Mereka memudahkan segala hal, mulai dari pembukaan rekening, proses verifikasi, hingga transaksi keuangan yang dapat dilakukan secara online. Meskipun beberapa bank konvensional juga menawarkan layanan serupa seperti pembukaan rekening secara online, namun ada keterbatasan pada layanan online mereka sehingga nasabah tetap harus datang langsung ke kantor bank untuk proses selanjutnya.

Untuk menghindari kemungkinan yang akan merepotkan di kemudian hari, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih bank digital di Indonesia:

  1. Periksa apakah proses verifikasi dapat dilakukan secara online atau apakah Anda harus datang langsung ke kantor bank. Beberapa bank mungkin memiliki fitur online yang terbatas sebelum Anda melakukan verifikasi di kantor.
  2. Perhatikan apakah kartu ATM harus diambil langsung di bank atau apakah dapat dikirimkan ke rumah. Hal ini dapat mempengaruhi kenyamanan Anda dalam mendapatkan kartu ATM.
  3. Ketika menghadapi masalah seperti lupa PIN, kata sandi, atau ID pengguna, perhatikan apakah proses penyelesaiannya dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi atau apakah Anda harus pergi ke kantor bank. Bank digital seharusnya menyediakan fitur untuk mengatasi masalah umum ini melalui aplikasi perbankan digital.

Tidak semua bank digital memiliki fitur-fitur ini, namun keputusan tetap ada pada calon nasabah dalam memilih bank digital. Dengan memperhatikan tips-tips ini, Anda dapat memilih bank digital yang tidak akan memberikan kesulitan atau kerepotan di kemudian hari.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bank digital di Indonesia:

  1. Pastikan bank digital telah terdaftar dan diawasi oleh lembaga pemerintah seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pastikan bank tersebut juga menjadi anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk keamanan dana yang disimpan.
  2. Jika perlu, lihat ulasan dan review dari nasabah yang telah menggunakan bank digital tersebut. Meskipun ulasan dapat memberikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan, tetap perlu diingat bahwa setiap pengalaman dapat berbeda-beda dan ulasan tidak selalu mencerminkan pengalaman Anda sendiri.
  3. Bacalah dengan teliti kebijakan dan syarat-syarat pembukaan rekening pada bank digital yang akan dipilih. Pastikan Anda memahami persyaratan yang diperlukan dan memenuhinya.
  4. Pastikan bahwa proses verifikasi pembukaan rekening dapat dilakukan secara online tanpa harus datang ke kantor bank. Ini akan memudahkan Anda dalam membuka rekening tanpa perlu mengunjungi lokasi fisik bank.
  5. Perhatikan apakah bank tersebut dapat mengirimkan kartu debit/ATM ke rumah Anda. Hal ini akan memberikan kenyamanan dalam menerima kartu tersebut tanpa harus pergi ke kantor bank.
  6. Pastikan aplikasi perbankan digital yang akan digunakan sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pemulihan PIN, kata sandi, atau ID pengguna. Selain itu, pastikan juga tersedia pengaturan untuk kartu debit/ATM dan akses finansial lainnya yang mendukung kebutuhan Anda.
  7. Selain fitur keamanan akun, pastikan juga tersedia fitur-fitur yang memudahkan transaksi finansial sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan memperhatikan tips-tips ini, Anda dapat memilih bank digital yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan kemudahan serta keamanan dalam bertransaksi secara digital.

  1. Bank Jago
  2. TMRW By. bank UOB
  3. Bank Neo Comerce (BNC), (meskipun tidak ada kartu debit/ATM, saya sarankan karena memenuhi kriteria di atas yang lain)
  4. Line Bank, (Saya sendiri mengalami masalah saat mencoba menggunakan kartu ATM, tetapi banyak pengguna lain yang berhasil menggunakannya. Saya merekomendasikan karena fitur-fitur lengkap dan gratis, mungkin kartu ATM tidak terkirim karena kurir bank tidak mencakup lokasi saya)
  5. Seabank, (meskipun tidak ada kartu debit/ATM, saya sarankan karena proses pembukaan rekening 100% verifikasi online)

Itulah beberapa langkah yang perlu diperhatikan sebelum memilih bank digital di Indonesia dan membuka rekening melalui layanan perbankan digital ini, baik melalui aplikasi maupun situs web. Pastikan fitur-fitur yang disebutkan di atas tersedia pada layanan perbankan digital yang Anda pilih. Jika tidak, kemungkinan Anda akan menghadapi kesulitan ketika menghadapi masalah seperti lupa PIN, kata sandi, dan lain-lain, dan harus pergi ke kantor bank untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Saya merekomendasikan aplikasi bank digital yang saya gunakan sendiri. Berdasarkan pengalaman saya, ketika menghadapi masalah seperti yang disebutkan sebelumnya, masalah tersebut dapat dengan mudah diatasi melalui aplikasi karena tersedianya fitur-fitur yang relevan.

Ada beberapa pilihan bank digital yang bisa Anda pertimbangkan di Indonesia. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, masih banyak bank digital lainnya yang menawarkan proses registrasi yang mudah dan fitur-fitur yang lengkap. Anda bisa melakukan penelitian sendiri untuk menemukan bank digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan kriteria-kriteria yang telah disebutkan sebelum memutuskan bank digital mana yang akan Anda gunakan.