Apakah Internet Banking Terblokir, Kartu ATM Juga Terblokir?

11/25/2023
Beranda
Agen BRILink
Tips
Apakah Internet Banking Terblokir, Kartu ATM Juga Terblokir?

Halo, para pengguna Internet Banking! Saya sering mendapat pertanyaan apakah jika Internet Banking terblokir, apakah kartu ATM juga ikut terblokir? Jawabannya adalah "tidak".

Ketika Internet Banking Anda terblokir atau diblokir, hal ini tidak akan berpengaruh pada transaksi menggunakan kartu ATM. Begitu pula sebaliknya, jika kartu ATM Anda terblokir atau dinonaktifkan, Anda masih bisa melakukan transaksi menggunakan Internet Banking.


Salah satu keluhan yang sering saya dengar dari pengguna Internet Banking adalah sering lupa password dan akhirnya melakukan tiga kali percobaan login yang salah. Akibatnya, akun Internet Banking mereka secara otomatis terblokir. Hal yang sama juga terjadi pada kartu ATM, jika Anda salah memasukkan PIN tiga kali, kartu ATM Anda akan langsung terblokir.

Ketika hal ini terjadi, misalnya Internet Banking terblokir karena lupa password, Anda masih bisa menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi. Begitu pula sebaliknya, jika kartu ATM Anda terblokir, Anda masih bisa menggunakan Internet Banking untuk melakukan transaksi.

Kedua metode transaksi ini disediakan oleh bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan. Anda tidak perlu mengantri di kantor bank untuk mengambil uang tunai atau melakukan transfer. Nasabah yang memiliki kartu ATM dapat melakukannya melalui mesin ATM atau melalui agen-agen yang tersebar di daerah.

Transaksi melalui Internet Banking lebih mudah karena Anda tidak perlu keluar rumah. Anda dapat melakukan transfer, pembayaran, pembelian, dan fitur lainnya yang disediakan oleh Internet Banking. Namun, penarikan tunai tidak dapat dilakukan melalui Internet Banking. Anda bisa menggunakan agen BRILink terdekat untuk melakukan penarikan tunai dengan Internet Banking. Caranya adalah dengan mentransfer uang ke rekening agen dan agen akan memberikan uang tunai seperti yang dilakukan saat tarik tunai menggunakan kartu ATM pada mesin EDC agen. Secara prinsip, ini adalah pemindahan dana ke rekening agen, yang membedakannya hanya fasilitas yang digunakan, apakah kartu ATM atau Internet Banking. Jumlah dana yang masuk ke rekening agen tetap sama.

Bagaimana jika Anda ingin menarik tunai melalui Agen BRILink? Apakah Anda tetap harus menggunakan kartu ATM?

Tentu tidak" Untuk di agen BRILink, Anda dapat melakukan penarikan tunai melalui aplikasi BRIMO karena Anda sudah memiliki akses mobile banking. Namun apabila tidak memiliki akun BRIMO atau terblokir maka Anda bisa menarik uang di Agen BRILink dengan menggunakan kartu ATM.

Untuk transaksi dengan kartu ATM, Anda cukup mendatangi mesin ATM atau agen yang memiliki mesin EDC. Semua transaksi perbankan dapat dilakukan melalui kartu ATM, termasuk penarikan tunai.

Jadi, pertanyaan apakah jika Internet Banking terblokir, kartu ATM juga terblokir sudah terjawab. Jawabannya adalah "TIDAK". Jadi, jika Internet Banking terblokir, kartu ATM tetap dapat digunakan untuk transaksi, begitu pula sebaliknya.

Bagaimana jika keduanya terblokir?

Tentu saja, jika keduanya terblokir, maka kedua fasilitas tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan transaksi. Anda harus mengaktifkan atau membuka blokir terlebih dahulu. Untuk membuka blokir Internet Banking, beberapa bank memungkinkan Anda melakukannya sendiri tanpa harus pergi ke bank. Namun, untuk membuka blokir kartu ATM, Anda harus mengunjungi bank.

Dalam kasus tertentu, yang jarang terjadi, jika akun bank atau nomor rekening Anda diblokir, ini dapat terjadi jika ada laporan bahwa rekening Anda digunakan untuk transaksi yang melanggar hukum. Bank akan melakukan tindakan sesuai kebijakan dan peraturannya. Jika ini terjadi, semua akses perbankan pada akun yang diblokir tidak dapat digunakan.

Jadi, intinya adalah jika Internet Banking terblokir, kartu ATM tidak akan terpengaruh. Begitu juga sebaliknya. Anda masih bisa menggunakan salah satu dari keduanya untuk melakukan transaksi perbankan.