Oleh oleh Khas Sumatera Barat yang Tak Boleh Terlewatkan

11/07/2023
Beranda
FoodTravel
Oleh oleh Khas Sumatera Barat yang Tak Boleh Terlewatkan
Oleh oleh, adalah bentuk perhatian dari seseorang yang membawanya dari daerah asal untuk diberikan kepada teman, keluarga, atau sahabat. Jika Anda merencanakan perjalanan ke Sumatera Barat dan bingung memilih oleh oleh khasnya, berikut beberapa pilihan yang patut Anda pertimbangkan:

Karupuk Sanjai


Salah satu oleh oleh khas Sumatera Barat yang pertama adalah Karupuk Sanjai, juga dikenal sebagai keripik sanjai. Keripik ini terbuat dari singkong yang diiris tipis dan disajikan dengan beragam bumbu. Karupuk Sanjai balado adalah yang paling terkenal karena rasa pedas manisnya yang disukai banyak orang.

Karak Kaliang


Oleh oleh khas Sumatera Barat selanjutnya adalah Karak Kaliang, makanan yang memiliki bentuk mirip angka delapan. Terbuat dari singkong dengan cita rasa gurih berkat perpaduan kunyit, bawang putih, dan berbagai bumbu lain yang khas.

Sala Lauak


Sala Lauak adalah makanan berbahan dasar tepung beras dengan isian ikan (lauak). Jenis ikan yang digunakan bisa ikan teri atau potongan ikan asin lainnya. Anda dapat menemui hidangan ini di Pariaman.

Kalamai


Kalamai atau galamai adalah dodol khas Minang. Terbuat dari tepung ketan yang dimasak bersama santan kelapa, gula tebu, atau gula aren, dan memiliki rasa manis yang lezat.

Rendang Telur


Di Payakumbuh, Anda akan menemukan Rendang Telur yang memiliki cita rasa khas. Cocok sebagai cemilan atau dimakan dengan nasi, dengan sentuhan kriuk yang menggugah selera.

Kipang Kacang


Terbuat dari kacang yang dicampur dengan lelehan gula tebu, Kipang Kacang memiliki rasa manis yang pas untuk cemilan di rumah.

Bika


Di Koto Baru, ada penjual Bika. Bika ini terbuat dari santan, tepung beras, dan gula, kemudian dipanggang pada tungku api dan dibungkus menggunakan daun jati. Jangan lewatkan camilan lezat ini.

Arai Pinang


Memiliki bentuk unik mirip keripik kentang, tetapi terbuat dari tepung beras, garam, dan kapur sirih yang dicetak menggunakan garpu. Sebelum digoreng, Arai Pinang dibaluri minyak kelapa untuk aroma yang gurih.

Beras Rendang


Beras Rendang atau Bareh Rendang terbuat dari beras ketan, santan, gula, garam, dan daun pandan. Nama "beras rendang" berasal dari cara tepung beras ketannya direndang sebelum dicampur dengan santan.

Rakik Maco


Rakik Maco mirip dengan rempeyek, tetapi dengan sedikit rasa pedas. Isiannya adalah ikan kering (Ikan Petek) bukan kacang atau kedelai. Ikan kering dalam bahasa Minang disebut Maco.

Pinyaram


Pinyaram terbuat dari campuran gula pasir atau gula aren, tepung beras putih atau hitam, dan santan kelapa. Makanan ini digoreng pada kuali dan rasanya mirip kue cucur.

Pensi


Di Danau Maninjau, terdapat Pensi, yaitu kerang air tawar yang dimasak dengan cabai, bawang, dan bumbu lainnya.

Pisang Kapik


Oleh oleh Pisang Kapik adalah pisang panggang yang dijepit hingga pipih lalu ditaburi dengan kelapa yang sudah dimasak dengan gula aren.

Karupuk Kuah


Terakhir, ada Karupuk Kuah, yaitu kerupuk yang disajikan dengan kuah sate Padang dan taburan bihun di atasnya. Terbuat dari singkong.

Jadi, saat Anda berwisata di Sumatera Barat, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang oleh oleh khas yang beragam dan lezat ini. Selamat berbelanja!