Cara Cek Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor

12/07/2023
Beranda
Keuangan
Motor
Otomotif
Cara Cek Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor

Spacenesia.com - Pajak kendaraan bermotor adalah kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap pemilik kendaraan. Pajak kendaraan bermotor harus dibayar setiap tahun agar STNK kendaraan tetap aktif. Besaran biaya pajak kendaraan bermotor tidak ditentukan berdasarkan penghasilan pemiliknya, melainkan berdasarkan nilai jual kendaraan yang dievaluasi setiap tahun. Oleh karena itu, besaran biaya pajak kendaraan bermotor dapat berubah dari tahun ke tahun. Jika Anda memiliki lebih dari satu kendaraan di satu rumah, pajak kendaraan bisa lebih mahal dengan sistem tarif progresif. Kendaraan pertama dikenakan biaya 1-2 persen, sedangkan kendaraan kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya akan dikenakan biaya 2-10 persen.

Cara Cek Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor

Untuk mengecek biaya pajak kendaraan bermotor, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Website Samsat

Kunjungi laman resmi Samsat atau situs web Samsat yang sesuai dengan wilayah Anda, seperti www.jakarta.go.id/e-samsat untuk DKI Jakarta. Isi data kendaraan yang diperlukan, seperti nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan. Setelah itu, pantau hasilnya untuk mengetahui besaran biaya pajak yang harus dibayarkan.

  • Kunjungi laman resmi Samsat atau situs web Samsat yang sesuai dengan wilayah Anda, seperti www.jakarta.go.id/e-samsat untuk DKI Jakarta.
  • Isi data kendaraan yang diperlukan, seperti nomor polisi kendaraan dan nomor induk kependudukan.
  • Pantau hasilnya untuk mengetahui besaran biaya pajak yang harus dibayarkan.

2. Aplikasi e-Samsat (Sambara)

  • Unduh aplikasi e-Samsat (Sambara) dari Playstore atau App Store, lalu log-in menggunakan akun Anda.
  • Pilih opsi untuk memeriksa tunggakan pajak kendaraan bermotor.
  • Masukkan data kendaraan yang diminta dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk melihat informasi tunggakan pajak.

3. SMS

Anda juga bisa mengirim SMS dengan format METRO (spasi) yang mencakup informasi seperti nomor polisi kendaraan, kode pelat nomor, kode seri plat motor, dan warna motor. Lalu, kirim ke nomor 08112119211. Contoh pesan yang dapat Anda kirim: `Info B/6777/XF 

Pastikan Anda membayar pajak kendaraan bermotor tahunan dan lima tahunan tepat waktu untuk menghindari denda. Denda keterlambatan pembayaran pajak mobil dapat mencapai 25 persen dalam satu tahun.

Kesimpulan

Mengecek biaya pajak kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan mudah melalui website Samsat, aplikasi e-Samsat (Sambara), atau SMS. Pastikan Anda membayar pajak kendaraan bermotor tepat waktu untuk menghindari denda. Denda keterlambatan pembayaran pajak mobil dapat mencapai 25 persen dalam satu tahun. Jangan lupa untuk mengecek besaran biaya pajak kendaraan bermotor setiap tahun agar Anda bisa menyiapkannya tepat waktu.