Cara ganti PIN dan Password BRIMO

12/05/2023
Beranda
BRIMO
Keuangan
Tips
Cara ganti PIN dan Password BRIMO
Cara ganti PIN dan Password BRIMO
Cara ganti PIN dan Password BRIMO

Bagaimana Cara Mengganti PIN dan Password BRIMO?

Yuk, mari kita pelajari bagaimana cara mengganti PIN dan Password BRIMO. Sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu sebenarnya PIN BRIMO dan Password BRIMO.

Apa Itu PIN BRIMO dan Password BRIMO?

PIN BRIMO adalah sebuah kode keamanan yang digunakan dalam transaksi perbankan melalui aplikasi mobile banking BRI yang dikenal sebagai BRIMO. Sedangkan Password BRIMO, adalah kode keamanan yang digunakan saat kita pertama kali mengaktifkan BRIMO, pad saat login atau ketika kita menginstal ulang aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi BRIMO, kita akan menggunakan PIN saat melakukan transaksi finansial, password hanya diperlukan saat login, dan setelah login maka keamanan hanya PIN yang diperlukan.

PIN BRIMO memiliki enam angka yang harus dijaga kerahasiaannya. Sedangkan Password BRIMO terdiri dari delapan hingga dua belas angka, kombinasi angka, huruf, dan karakter khusus. Password ini bersifat rahasia, dan sebaiknya tidak diberikan kepada orang lain siapapun.

Keamanan BRIMO

Jika PIN BRIMO ternyata diketahui oleh orang lain, jangan khawatir. Akun BRIMO tetap aman, asalkan ponsel, nomor seluler, dan Password tidak diketahui oleh orang tersebut. Ketika orang lain mengetahui PIN BRIMO, mereka hanya bisa menggunakannya dalam aplikasi BRIMO yang teraktivasi di ponsel yang sama dan SIM Card yang terpasang di ponsel tersebut.

Namun, jika kehilangan ponsel dan nomor HP yang terdaftar di BRIMO, ini patut dikhawatirkan. Laporkan segera ke bank BRI agar akun diblokir dan nomor HP diganti. Meskipun dalam hal bertransaksi melalui BRIMO tentunya memiliki keamanan yaitu dengan password dan kode PIN BRIMO seperti halnya di mesin ATM, tetapi apabila hal ini terjadi segera lakukan pemblokiran dengan menghubungi call center BRI.

Apakah Internet Banking Terblokir, Kartu ATM Juga Terblokir?

Keamanan User ID, PIN, dan Password

Jika User ID, PIN BRIMO, dan Password BRIMO diketahui orang lain, tetap ada beberapa lapisan keamanan yang harus dipecahkan, termasuk SIM Card terdaftar yang harus terpasang di ponsel yang sama dan kode OTP. Namun, jika seseorang mengetahui User ID, langkah pencegahan penting adalah mengganti User ID segera, itu dulu ketika ib.bri.co.id masih pungsi, sekarang penggantian user id kayanya harus kebank soalnya di aplikasi tidak ada, saya belum pernah coba ganti user id di BRIMO, dulu pernah sekali dan memang hanya bisa ganti user id sekali waktu itu melalui ib.bri.co.id yang sekarang sudah ditutup.

Dalam hal Password, jika diketahui orang lain, maka selama mereka tidak mengetahui User ID , risikonya relatif rendah. Namun, jika User ID juga diketahui, ada kemungkinan akun BRIMO akan diblokir jika ada upaya login yang gagal berkali kali. Namun, orang yang memiliki User ID dan Password tidak dapat bertransaksi tanpa kode PIN, tetapi perlu diingat juga tentunya dengan nomor HP yang dimiliki maka bisa saja orang yang tidak bertanggungjawab tersebut melakukan penggantian PIN.

Cara Mengganti PIN BRIMO:

  1. Pastikan sudah masuk ke akun BRIMO.
  2. Pada halaman utama aplikasi BRIMO, ketuk menu "Akun" yang berada di bagian bawah layar sebelah kanan.
  3. Cari dan pilih opsi "Keamanan."
  4. Ketuk "Ubah PIN."
  5. Masukkan PIN lama.
  6. Masukkan PIN baru yang ingin gunakan.
  7. Konfirmasi PIN baru dengan memasukkannya lagi.
  8. Selesai, PIN BRIMO lama sekarang telah diganti dengan PIN baru.

Cara Mengganti Password BRIMO:



  1. Masuk ke akun BRIMO .
  2. Pilih menu "Akun."
  3. Pilih opsi "Keamanan."
  4. Pilih "Ubah Password."
  5. Masukkan Password lama .
  6. Buat Password baru yang ingin digunakan. Pastikan Password baru terdiri dari 8 sampai 12 karakter dengan kombinasi angka, huruf, dan karakter khusus untuk keamanan yang lebih baik.
  7. Masukkan lagi Password baru sebagai konfirmasi.
  8. Selesai, Password BRIMO lama Anda sekarang telah diganti dengan Password baru.

Cara Ganti Username BRImo



Untuk mengganti username BRImo, perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka situs internet banking BRI di ib.bri.co.id.
  2. Login dengan memasukkan user ID, password, dan validasi yang sesuai.
  3. Klik garis tiga yang berada di pojok kiri atas layar.
  4. Pilih menu Manajemen Pengguna.
  5. Klik Ubah User ID.
  6. Masukkan username baru di kolom User ID Baru. Username baru harus berisi 12-23 karakter alfanumerik dan tidak boleh mengandung spasi.
  7. Masukkan password di kolom Password.
  8. Masukkan mToken yang dikirimkan ke nomor HP yang terdaftar.
  9. Klik Kirim.


Ingatlah selalu untuk menjaga kerahasiaan PIN dan Password, serta disarankan untuk secara berkala menggantinya sebagai langkah keamanan yang lebih baik. Jika merasa ada potensi risiko keamanan atau perangkat hilang, sebaiknya segera lapor ke pihak bank BRI untuk langkah-langkah pengamanan lebih lanjut.