Beranda
Agen BRILink
BRIMO
Keuangan
Tips
Cara transfer Gopay ke Rekening Bank Gratis
Cara Transfer ke Bank Gratis di Aplikasi Gopay


Bagaimana cara transfer Gopay ke Rekening Bank dari aplikasi Gopay? Bukan dari aplikasi Gojek.

Cara transfer ke rekening Bank dari aplikasi Gopay bisa dibilang sangat mudah, tidak jauh beda dengan transfer melalui aplikasi Banking seperti BRIMO atau Bank lainnya. Transfer ke Bank melalui aplikasi Gopay uangnya darimana? 

Untuk transfer kerekening Bank dari aplikasi Gopay sendiri ada dua sumber dana yang bisa digunakan, yaitu:
  1. Langsung dari Banking yang dimiliki pengguna dengan metode pembayaran BRI Virtual Account (BRIVA) untuk yang menggunakan BRIMO. Apa bisa menggunakan Bank lainnya, misalnya Virtual Account BNI, Mandiri, atau BCA? Tentunya bisa. Untuk pembayaran melalui nomor VA Bank bisa dipilih dari banyak Bank yang tersedia pada metode pembayaran. Dengan metode pembayaran VA Bank maka pengguna tidak perlu menyimpan saldo pada aplikasi Gopay, dana akan otomatis ditransfer atau diteruskan kerekening tujuan, Gopay hanya menjadi perantara saja. 
  2. Kemudian pilihan kedua adalah transfer ke Bank menggunakan Saldo Gopay. Ketika akan transfer kerekening Bank dengan Saldo Gopay, maka pengguna harus menyiapkan saldo Gopay atau top up terlebih dahulu secukupnya, apabila saldo Gopay kurang dari nominal yang akan ditransfer, maka transfer ke bank dengan saldo Gopay tidak bisa dikukan dan pilihannya adalah menggunakan Virtual Account Bank.

Cara transfer Gopay ke Rekening Bank



Berikut adalah cara transfer Gopay ke Rekening Bank:
Pastikan bahwa akun Anda sudah upgrade ke premium dengan verifikasi KTP, bagi pengguna Gojek dan sudah upgrade Anda tinggal gunakan saja akun di Gojek atau dengan memasukan nomor HP yang terdaftar di aplikasi Gojek, maka akun Anda sudah otomatis menjadi premium di aplikasi Gopay
  • Masuk aplikasi Gopay
  • Pada halaman utama pilih temukan dan pilih menu Transfer
  • Pilih Transfer ke orang lain
  • Pilih Banks
  • Pilih Bank tujuan, bisa juga dengan ketikan nama Bank pada kolom pencarian
  • Ketikan / Masukan nomor rekening tujuan pada kolom tersedia
  • Klik verifikasi
  • Cek nama apakah sudah sesuai, kalau sudah sesuai klik Review transfer
  • Masukan / Ketikan nominal uang yang akan di transfer lalu klik Review transfer
  • Klik Pilih metode, pilih metode tujuannya adalah untuk memilih sumber dana, ada dua sumber dana yang bisa digunakan seperti dijelaskan diatas, ada bayar dengan saldo Gopay dan Virtual Account, apabila saldo Gopay tidak mencukupi maka yang digunakan adalah bayar melalui Virtual Account, silahkan pilih Virtual Account.
  • Pilih Bank yang sesuai dimiliki, pilihan Bank yang tersedia adalah: VA BCA, VA BRI (BRIVA), VA BNI, VA Permata, VA Mandiri. Untuk bank lainnya bisa klik VA untuk bank lainnya, VA yang muncul nantinya adalah VA Bank BNI, VA Bank BNI ini bisa ditransaksikan dengan cara di transfer, artinya Anda cukup lakukan transfer kerekening VA ini dengan menggunakan menu transfer antar bank pada aplikasi banking yang dimiliki dengan tujuan bank BNI.
  • Apabila metode bank pembayaran sudah dipilih, klik saja Transfer, maka akan muncul kode Virtual Account bank yang sudah dipilih, silahkan catat kode virtual account atau bisa juga disalin apabila bankingnya dalam satu HP.
  • Kemudian buka mbanking, untuk saya sendiri mengunakan BRIVA dan dibayar melalui BRIMO. Masuk BRIMO dan pilih pembayaran BRIVA > Tambah Transaksi Baru > Masukan nomor atau kode virtual account yang sudah dicatat tadi dari aplikasi Gopay > Pastikan kode VA dan nama tujuan dan juga nominal sudah sesuai. Untuk nama tujuan sendiri adalah atas nama PT Dompet Anak Bangsa > Apabila sudah sesuai silahkan bayar, setelah pembayaran berhasil maka akan notifikasi otomatis dari aplikasi Gopay bahwa dana sudah masuk dan transaksi diproses untuk diteruskan kerekening tujuan. Waktu proses transfer tidak memerlukan lama, transfer dilakukan secara realtime, begitu dana diterima VA maka dana langsung diproses transfer dalam hitungan detik. Bukti transaksi bisa dibagikan melalui media sosial seperti WA dan yang lainnya yang tersedia.

Sampai disini transfer ke Bank dari aplikasi Gopay sudah berhasil, bukti transaksi akan tersimpan otomatis di aplikasi, apabila suatu saat diperlukan akan mudah ditemukan.

Biaya transfer ke Bank dari Gopay

Biaya transfer ke Bank dari aplikasi Gopay adalah gratis untuk 100 transaksi perbulan, ini tentunya mengikuti aturan yang diberlakukan di Gopay, untuk gratis biaya transfer ke bank mungkin bisa saja terjadi perubahan tanpa ada pemberitahuan.

Setelah kuota biaya transfer Bank Gopay bulanan habis maka akan diberlakukan biaya admin sebesar Rp.2500. Ini berlaku untuk transfer ke Bank. Untuk transfer sesama Gopay tetap gratis, hanya saja pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan saldo Gopay.

Bagi pengguna baru Gopay apalagi untuk yang gaptek, termasuk saya sendiri ketika akan melakukan transfer ke Bank pertama kalinya sedikit bingung, namun dengan mencobanya terlebih dahulu dengan nominal kecil akhirnya saya paham, ternyata transfer ke Bank dari Gopay sangat mudah dan cepat seperti dijelaskan diatas.Transfer ke Bank pakai Gopay bisa langsung menggunakan saldo dari banking yang dimiliki, misalkan saya sendiri menggunakan BRIMO. 

Saya sendiri menggunakan Gopay untuk transfer ke bank karena saya memiliki transaksi rutin ke rekening bank Mandiri, sedangkan Bank yang saya gunakan adalah bank BRI. Dengan menggunakan Gopay saya bisa menghemat biaya sebesar Rp.2500 pertransaksi. Di BRIMO sendiri memang sudah murah dengan BIFAST tetapi saya inginkan gratis biaya admin makanya menggunakan Gopay menjadi pilihan tepat, dimana dengan Gopay transfer antar bank menjadi gratis, walaupun memang dibatasi perbulannya 100 transaksi untuk yang gratis, ini saya kira sudah cukup mengurangi biaya transaksi, bisa dihitung Rp.2500 dikali 100 transaksi sudah Rp.250 ribu yang kita keluarkan untuk biaya transaksi perbulan, dengan begitu menggunakan Gopay kita bisa menghemat sebesar Rp.250 ribu perbulan.

Apakah transfer Gopay ada batasan?

Tentu, transfer ke bank menggunakan Gopay ada batasannya, untuk transfer menggunakan saldo Gopay itu tentunya dibatasi oleh limit saldo Gopay dalam satu bulan yaitu 20 juta rupiah. Sedangkan untuk transfer menggunakan Virtual Account bank saya sendiri belum mengetahui secara pasti, namun pengalaman saya sendiri sudah beberapa kali transfer ke bank dan sudah melebihi 20 juta dalam satu bulan masih tetap bisa transfer. 

Limit transfer ke bank menggunakan saldo Gopay 20 juta adalah dalam satu bulan, limit 20 juta ini bukan hanya untuk transfer saja, tetapi untuk semua transaksi yang mendebet saldo Gopay 20 juta tersebut dalam satu bulan, ketika limit saldo Gopay dalam satu bulan tinggal 1 juta padahal tidak pernah transfer ke bank, maka sisa limit transfer ke bank pun sisa 1 juta, artinya limit transfer dan transaksi lainnya di Gopay itu menguragi limit saldo yang sama.

Kendala transfer Gopay uang tidak masuk kerekening tujuan

Kendala dalam transaksi tentu ada termasuk transfer ke bank di Gopay, sama halnya di aplikasi lain kegagalan transaksi tentu menjadi kemungkinan yang tidak bisa dihindarkan, sistem transaksi transfer Gopay mirip dengan transfer melalui aplikasi flip, untuk yang sudah pernah menggunakan aplikasi Flip tentu sudah tahu. 

Pengalaman saya menggunakan Flip yang pernah mengalami gagal transfer dana tetap aman dan akan masuk ke saldo. Untuk di Gopay sendiri saya sudah mengaalaminya dan sangat mudah untuk mengatasi. Apabila mengalami gagal transaksi transfer bank di Gopay ketika pembayaran melaui VA Bank berbeda cara mengatasinya. Cara mengatasi transfer bank gagal di aplikasi Gopay akan saya ulas lebih detil di postingan berikutnya. Sedikit saja saya jelaskan, dimana aplikasi Gopay tidak seperti Flip atau yang lainnya, ketika transfer bank gagal maka uang akan masuk ke saldo, di Gopay berbeda, ketika transaksi transfer bank dengan metode pembayaran virtual account gagal, maka pengguna harus melakukan transfer ulang kerekening milik pengirim supaya uang bisa kembali.

Untuk saat sekarang ini, kegagalan ini sudah sangat jarang sekali terjadi berbeda dengan dulu, saya sebagai Agen BRILink mengalaminya sendiri mungkin bisa dibilang sering pada saat itu, dan proses pengembaliannya bisa dibilang lama sampai 1x24 jam. Kegagalan transfer seperti ini memang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi. 

Transfer ke bank menggunakan Gopay tentunya sangat mudah, aman dan cepat, keamanan bisa dipercaya karena Gopay adalah ewallet yang digunakan di aplikasi Gojek, Gojek tentunya semua orang pada tahu, Gojek sudah lama dan banyak digunakan banyak orang untuk transpotasi.

Dapat saya simpulkan, transfer ke Bank melalui aplikasi Gopay adalah langkah yang mudah, cepat, dan hemat biaya. Dengan dua pilihan sumber dana, yaitu dari Virtual Account Bank atau menggunakan Saldo Gopay, Anda memiliki fleksibilitas dalam melakukan transaksi sesuai kebutuhan. Proses transfer yang dilakukan melalui Virtual Account Bank membantu menghindari keterbatasan saldo Gopay dan menjadi solusi praktis untuk pengguna BRIMO untuk saya, dan berbagai Bank lainnya. Selain itu, transfer menggunakan Saldo Gopay juga memungkinkan untuk menghemat biaya transfer hingga 100 transaksi perbulan.

Penting untuk diingat bahwa prosesnya sangat sederhana, dan langkah-langkahnya dapat diikuti dengan mudah melalui aplikasi Gopay. Dengan tingkat keamanan yang dapat diandalkan dan layanan yang terus berkembang, transfer ke Bank melalui Gopay menjadi alternatif yang nyaman dan efisien bagi para pengguna. Jadi, tidak diragukan lagi aplikasi Gopay bisa menjadi solusi transfer bank yang murah bahkan gratis untuk 100 transaksi transfer kesemua bank dalam satu bulan.