Mengatasi gagal transfer kerekening Bank pada aplikasi Gopay

9/04/2023
Beranda
Gopay
Keuangan
Tips
Mengatasi gagal transfer kerekening Bank pada aplikasi Gopay

Gambar 1.

Cara transfer Gopay ke Rekening Bank sudah di ulas sebelumnya. Kemudahan transfer Gopay ke rekening Bank tentunya bisa menjadi solusi untuk para pengguna Gopay yang sering transfer uang untuk bisnis atau untuk yang lainnya. Gopay lagi ada promo gratis biaya admin transfer kerekening Bank sebanyak 100 kali transaksi perbulan, lumayan bangetkan bisa menghemat biaya admin? 

Transfer Gopay memang mudah anti ribet dengan berbagai macam metode pembayaran baik menggunakan saldo Gopay dan juga melalui virtual account Bank, Untuk saya sendiri sebagai pengguna Gopay juga, lebih suka menggunakan metode pembayaran Virtual Account BRI kenapa? Karena saya pengguna BRIMO dan ketika memilih metode pembayaran virtual account maka saya tidak perlu isi saldo Gopay ketika mau transfer bank. Bukan hanya transfer ke rekening bank, untuk pembayaran cicilan juga bisa menggunakan virtual account untuk pembayarannya.

Transfer via Gopay ada kemudahan tetapi tentunya tidak selalu berhasil terkadang ada kegagalan dalam transaksi, dimana saldo yang sudah terlanjur dikirim ke virtual account namun gagal diteruskan atau ditransfer kerekening tujuan gagal akan mengendap atau istilahnya sangkut. Banyak hal yang menadi penyebab kegagalan transaksi diantaranya seperti yang saya alami sendiri dikarenakan terjadinya kendala pada bank penerima. Lalu dimanakah uang yang telah dikirim ke virtual account apabila transaksi gagal? Uang yang dikirim ke virtual account tentunya ada pada rekening penampung yaitu rekening virtual account itu sendiri.

Gambar 2.

Ketika pembayaran ke virtual account berhasil maka uang akan otomatis diteruskan kerekening tujuan, apabila penerusan uang berhasil maka uang tentunya akan diterima penerima secara realtime, namun apabila gagal maka uang akan tetap direkening virtual account. Gopay memiliki sistem yang berbeda dengan aplikasi transfer bank lainnya, dimana ketika gagal transfer maka dana akan diteruskan ke saldo aplikasi itu sendiri. 

Gopay, ketika gagal meneruskan uang yang sudah dikirim kerekening virtual account kerekening tujuan maka uang tersebut akan tetap tersimpan direkening virtual account tersebut. Uang akan tetap tersimpan direkening virtual account sampai pengguna melakukan transfer ulang, artinya uang tidak secara otomatis dikembalikan kerekenig pengirim ataupun ke saldo Gopay.

Bagaimana cara mengatasi gagal transfer kerekening bank pada aplikasi Gopay?

Gambar 3.

Untuk mengatasi ketika gagal transfer kerekening bank maka pengguna harus melakukan transfer ulang, dimana transfer ulang ini bisa dilakukan kerekening tujuan awal namun ini tidak disarankan, atau bisa juga kerekening bank lainnya yang dimiliki oleh pengirim atau bisa juga kerekening bank lainnya dari penerima. Saya sarankan kirim saja kerekening pengguna atau pengirim yang tadi digunakan untuk mengirim uang ke virtual account terlebih dahulu, setelah uang telah kembali diterima pengirim maka bisa coba lagi transfer ulang. Dengan cara ini maka uang yang nyangkut bisa ditarik atau dikembalikan ke pengguna dengan cara mentransfernya kerekening milik pengguna Gopay.

Gambar 4.

Cara untuk transfer ulang atau Retransfer to my bank account bisa dilakukan langkah langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Gopay
  2. Klik pada transaksi yang gagal (lihat gambar 1 diatas)
  3. Klik pada Transfer ke rekening bank lain (lihat gambar 1 diatas)
  4. Pilih rekening untuk ditrasnfer seperti biasa, bisa gunakan rekening yang sudah tersimpan, dan atau bisa juga tambah rekening bank baru (lihat gambar 2 diatas)
  5. Setelah memilih atau memasukan rekening baru akan masuk ke halaman konfirmasi transfer, silahkan klik Konfirmasi & transfer (lihat gambar 3 diatas)
  6. Masukan PIN Gopay (gambar 4)
  7. Transaksi berhasil, cek rekening penerima.(gambar 5 dibawah)

Gambar 5.

Sampai disini pengguna sudah bisa mengatasi uang yang nyangkut pada Gopay ketika melakukan transfer ke rekening bank gagal. Dengan cara diatas uang dikembalikan dengan cara ditransfer ulang kerekening pengguna Gopay atau pengirim.