Menonaktifkan Plugin AMP For WP dengan Meminimalkan Dampak pada SEO

10/12/2023
Beranda
Teknologi
Tips
Menonaktifkan Plugin AMP For WP dengan Meminimalkan Dampak pada SEO

Menonaktifkan plugin Google AMP For WP mungkin terlihat sederhana, tetapi penting untuk memahami dampaknya pada SEO. Salah satu masalah umum yang dapat muncul adalah kesalahan URL karena menggunakan plugin AMP For WP yang menciptakan halaman /amp yang berbeda untuk setiap URL. Ketika plugin AMP dinonaktifkan atau dihapus, URL tersebut menjadi tidak berfungsi dan menyebabkan kesalahan.

Bagaimana cara mengatasi atau meminimalkan masalah ini? Salah satu cara yang sederhana adalah mengalihkan URL AMP ke URL non-AMP dengan bantuan plugin redirection. Berikut langkah-langkahnya:


1. Instal dan aktifkan plugin redirection di situs WordPress Anda.

2. Setelah plugin aktif, buka "Perkakas" → "Redirection" → "Tambahkan Redireksi Baru."

3. Isi "URL Sumber" dengan /(.*)\/amp (gunakan regex) dan "URL Tujuan" dengan URL non-AMP yang sesuai. Misalnya: https://siajun.com/$1 (ganti "siajun.com" dengan alamat situs Anda).

4. Klik "Tambahkan Redireksi."

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, URL halaman AMP seharusnya sudah dialihkan ke URL non-AMP.

Dalam hal SEO, perlu diingat bahwa perbaikan SEO akan berlangsung secara bertahap setelah implementasi perubahan ini. Dengan mengalihkan URL secara aman menggunakan redirect 301 dari URL AMP ke non-AMP, dampak negatif pada SEO dapat diminimalkan. Dengan cara ini, perlahan tetapi pasti, peringkat situs Anda akan pulih seiring berjalannya waktu.

Saya telah berhasil menerapkan metode ini pada situs saya sebelumnya yang menggunakan WordPress setelah memutuskan untuk menonaktifkan halaman AMP secara permanen. Keputusan ini diambil setelah menerima pemberitahuan dari Akun Adsense mengenai penerapan Better Ads Standards Global, yang menyebabkan iklan Adsense tidak tampil pada halaman AMP. Meskipun masalah sebenarnya dari iklan Adsense pada halaman AMP belum terpecahkan, dengan menonaktifkan AMP, masalah ini diatasi.

Penting untuk memahami bahwa keputusan untuk menonaktifkan AMP bisa bervariasi tergantung pada kasus masing-masing dan dampaknya pada situs. Ketika masalah dengan iklan Adsense pada halaman AMP telah teratasi atau didokumentasikan lebih lanjut, AMP bisa diaktifkan kembali.

Demikian penjelasan mengenai menonaktifkan plugin AMP For WP setelah menerima notifikasi Better Ads Standards. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.