Tips Mengatasi Masalah 'Username Sedang Dipakai' pada BRILink Mobile

10/28/2023
Beranda
Agen BRILink
Keuangan
Tips
Tips Mengatasi Masalah 'Username Sedang Dipakai' pada BRILink Mobile

Agen BRILink sering mengalami masalah ketika mencoba masuk ke BRILink Mobile dengan pesan “Username sedang dipakai. Silahkan tunggu selama 10 menit untuk dapat login kembali”. Ini terjadi ketika BRILink Mobile tidak logout dengan sempurna setelah digunakan. 

Jangan khawatir, ini adalah hal yang wajar terjadi pada aplikasi BRILink Mobile. Sistem proteksi telah bekerja dan mendeteksi bahwa username Anda sedang digunakan pada perangkat lain atau sebelumnya belum logout secara sempurna. 

Ini adalah kode keamanan dari sistem aplikasi itu sendiri. Keamanan aplikasi BRILink Mobile terdiri dari beberapa lapis, dari Password, kode OTP sampai SIM Card yang diharuskan terpasang pada HP yang akan digunakan ketika aktivasi BRILink Mobile.

Jangan terlalu khawatir tentang keamanan akun BRILink Mobile Anda selama Anda menjaga kerahasiaan akun yang dimiliki, terutama SIM Card yang terdaftar. SIM Card adalah bagian paling vital dari keamanan akun BRILink Mobile. Jika SIM Card Anda dikuasai oleh orang yang tidak bertanggungjawab, maka segala kemungkinan bisa terjadi, termasuk pembobolan rekening. Di zaman sekarang, nomor HP atau SIM Card adalah alat untuk terkoneksi dengan akun. Dengan satu nomor HP atau SIM Card, banyak akun pada banyak aplikasi bisa diakses.

Aplikasi BRILink Mobile memerlukan perlindungan ekstra, yaitu menjaga nomor HP atau SIM Card yang telah didaftarkan. Hal ini penting karena banyak kasus di mana seseorang kehilangan HP dan SIM Card mereka, dan menjadi target bagi penjahat untuk meretas rekening bank atau akun lainnya yang terhubung dengan SIM Card tersebut.

Seperti aplikasi BRILink Mobile, aktivasi atau reinstalasi aplikasi memerlukan nomor HP untuk menerima kode OTP. Untuk validasi, SIM Card yang terdaftar harus ada atau terpasang pada HP yang digunakan untuk aktivasi atau transaksi di BRILink Mobile.

Aplikasi BRILink Mobile tidak dapat digunakan untuk transaksi ketika SIM Card dicabut dari HP yang telah menginstal aplikasi BRILink Mobile. Meskipun aplikasi BRILink Mobile telah diaktivasi sebelumnya, ketika SIM Card dicabut, aplikasi BRILink Mobile akan mendeteksi bahwa SIM Card yang sebelumnya terdaftar telah dicabut. Ini tentunya tidak bisa diganti dengan SIM Card lainnya, bahkan jika SIM Card tersebut juga terdaftar di Aplikasi BRILink Mobile.

SIM Card yang terdaftar di aplikasi BRILink Mobile hanya bisa digunakan pada akun masing-masing seperti yang telah diaktivasi. Jika ingin menggunakan akun lainnya pada HP yang sama, maka akun tersebut harus diaktivasi ulang dengan nomor HP atau SIM Card terpasang yang terhubung dengan akun BRILink Mobile baru yang akan diaktivasi.

Masalah ini sering terjadi pada Agen yang memiliki mesin EDC Android untuk transaksinya. Agen merasa terganggu jika masalah ini sering muncul, karena mereka harus menunda transaksi hingga 10 menit. Ini tentu saja menjadi masalah bagi pelanggan dan pada akhirnya memilih untuk membatalkan transaksi daripada harus menunggu 10 menit.

Untuk Agen yang hanya memiliki Aplikasi BRILink Mobile di HP (konvensional) atau mesin EDC lama (konvensional), masalah ini jarang terjadi. Namun, berbeda dengan Agen yang memiliki EDC Android yang sering berpindah-pindah alat transaksi. Misalnya, transaksi pertama menggunakan HP dan beberapa waktu kemudian transaksi kedua berpindah menggunakan mesin EDC Android, maka dimungkinkan BRILink Mobile tidak bisa login dan harus menunggu 10 menit untuk bisa login kembali.

Dari awal bulan Oktober 2023 telah di infokan bahwa sudah bisa Dual Login (Brimob dan Mpos secara bersamaan), namun tentunya login nya terlebih dahulu di BRILink Mobile baru di MPOS atau EDC Android, jangan kebalik! Karena apabila login MPos terlebih dahulu BRILink Mobile di HP tidak akan bisa login.

Hal ini wajar terjadi karena sistem akan mendeteksi bahwa akun masih digunakan dikarenakan pada aplikasi BRILink Mobile di HP belum logout secara sempurna. Untuk meminimalisir masalah ini ada cara untuk menimalisirnya dengan cara-cara berikut: 

Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu coba jika mengalami masalah login BRILink Mobile dengan pesan "username sedang dipakai".

Langkah-langkah Mengatasi Masalah 'Username Sedang Dipakai' pada BRILink Mobile.


Langkah-langkah ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan munculnya error tersebut, meski bukan berarti masalah ini tidak akan pernah muncul lagi.

  • Setelah melakukan transaksi dan tidak ada transaksi lain yang akan dilakukan, pastikan kamu telah logout dari aplikasi dengan benar.
  • Jika transaksi sebelumnya menggunakan EDC Android dan akan berpindah transaksi menggunakan HP, maka yang harus kamu lakukan adalah login terlebih dahulu di EDC Android atau MPOS kemudian logout, setelah beberapa saat barulah login di HP, begitupun sebaliknya.
  • Selalu pastikan untuk login pada perangkat yang terakhir digunakan terlebih dahulu, ini sangat berguna ketika kamu lupa untuk logout setelah transaksi sebelumnya pada perangkat tersebut.
  • Jika masalah BRILink Mobile tidak bisa login dan diminta untuk menunggu 10 menit muncul, silahkan menunggu 10 menit untuk mencoba login kembali, atau apabila pengguna MPOS lakukan login di MPOS dan logout di MPOS barulah login BRIMOB di HP.
Ini adalah pengalaman saya sebagai Agen BRILink yang menggunakan EDC Android dan juga BRILink Mobile versi HP, sering sekali mengalami hal ini dimana BRILink Mobile tidak bisa login, namun dengan tip tip di atas sudah jarang terjadi masalah yang sama.

Langkah-langkah yang saya berikan diatas adalah untuk menghindari atau lebih tepatnya meminimalisir terjadi masalah BRILink Mobile tidak bisa login pada saat mau login, dari beberapa kali mengalami hal ini bisa ambil kesimpulan, bahwa masalah ini muncul ketika Agen lupa logout dan kemudian pindah transaksi, misalkan tadinya menggunakan EDC Android lalu pindah menggunakan HP.

Demikianlah cara mengatasi masalah BRILink Mobile tidak bisa login. BRILink Mobile tidak bisa login disebabkan sistem mendeteksi ketidak sempurnaan logout aplikasi pada sesi sebelumnya.